TAHAPAN PENGGUNAAN LEGO DALAM PEMBELAJARAN SIMPLE PRESENT TENSE

Main Article Content

Ni Luh Desy Suari Dewi
Gek Wulan Novi Utami
I Gede Neil Prajamukti Wardhana

Abstract

ABSTRAK
Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak dipelajari. Hal ini tidak
terlepas dari posisi Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional. Di Indonesia, Bahasa
Inggris dipelajari sebagai bahasa asing. Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL)
maksudnya adalah bahasa Inggris diajarkan pada pembelajar di negara-negara di mana
mayoritas penduduknya tidak berbicara bahasa Inggris sebagai alat komunikasi. Oleh sebab
itu, pembelajar Bahasa Inggris di Indonesia dikategorikan sebagai pembelajar EFL. Ketika
berada pada tingkat tata Bahasa dalam mempelajari Bahasa Inggris, pembelajar EFL ini
merasa bahwa tata Bahasa merupakan bagian tersulit karena mereka harus menghafalkan
berbagai rumus tata Bahasa (Tenses) yang ada dalam Bahasa Inggris. Para pengajar Bahasa
Inggris pun mencari berbagai metode agar pembelajar lebih mudah memahami materi tata
Bahasa ini. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam penelitian ini diuji metode Silent Way
dengan memanfaatkan alat permainan Lego sebagai media pembelajaran Simple Present
Tense untuk pembelajar EFL. Alat permainan Lego ini dipilih sebagai pengganti media rods
yang biasanya digunakan dalam metode silent way. Metode silent way ini adalah satu
metode yang memberikan kesempatan yang lebih banyak pada siswa untuk melakukan
praktek bahasa dimana peran guru hanya sebagi fasilitator. Dalam penelitian ini akan
diselidiki tahapan penggunaan alat permainan Lego sebagai media pembelajaran Simple
Present Tense untuk pembelajar EFL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif
menggunakan teknik penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana
masing-masing siklus terdiri dari tahapan perancangan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi.
Kata Kunci: Metode Silent Way, Lego, Simple Present Tense

Article Details

How to Cite
Dewi, N. L. D. S., Utami, G. W. N., & Wardhana, I. G. N. P. (2022). TAHAPAN PENGGUNAAN LEGO DALAM PEMBELAJARAN SIMPLE PRESENT TENSE. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1696
Section
Articles