PENGARUH MEDIA FILM DAN POSTER TENTANG NAPZA TERHADAP PENGETAHUN DAN SIKAP SISWA SMK JORLANGHATARAN

Main Article Content

Yeni Trisna Purba
Deswidya S. Hutauruk
Nur Masdalifah

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan kesehataan salah satu metode untuk mencegah penyalahgunaan
NAPZA, sehingga siswa dapat mengetahui dan bersikap untuk mencegah terjadinya
penyalahgunaan dan peredaran NAPZA. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui
pengaruh pendidikan kesehatan melalui media film dan poster tentang NAPZA
terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa SMK Negeri 1 Jorlang Hataran
Kabupaten Simalungun. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan
rancangan Pretest-Posttes Control Group Design. Analisis data menggunakan uji tindependen.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan
melalui media film dan media poster terhadap pengetahuan siswa tentang
NAPZA. Perubahan pengetahuan lebih besar menggunakan media poster dengan
nilai rata-rata 4,33 dan standar deviasi 1,241 dibanding media film dengan nilai
rata-rata 3,60 dan standar deviasi 1,499, sehingga media poster lebih efektif
terhadap pengetahuan siswa tentang NAPZA dibanding media film. Ada pengaruh
media film dan media poster terhadap sikap siswa tentang NAPZA. Perubahan
sikap lebih besar menggunakan media film dengan nilai rata-rata 14,20 dan
standar deviasi 4,405 dibanding media poster dengan nilai rata-rata 9,63 dan
standar deviasi 4,716, sehingga media film lebih efektif terhadap sikap siswa
tentang NAPZA dibanding media poster.
Kata Kunci : Film, Poster, Pengetahuan, Sikap, NAPZA

Article Details

How to Cite
Purba, Y. T., Hutauruk, D. S., & Masdalifah, N. (2022). PENGARUH MEDIA FILM DAN POSTER TENTANG NAPZA TERHADAP PENGETAHUN DAN SIKAP SISWA SMK JORLANGHATARAN. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1698
Section
Articles