FASILITATOR OUTBOUND EXPERIENTIAL LEARNING MENGHADAPI PASCA PANDEMI COVID-19
Article Sidebar
Published:
Feb 15, 2022
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 74
Download : 46
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Fasilitator Outbound Experiential Learning merupakan sebuah profesi yang melakukan
kegiatan kepemanduan, outbound, team building, outing dan gathering. Dimana profesi ini
bukan hanya memberikan permainan yang menyenangkan kepada peserta, namun juga
memberikan suatu pembelajaran yang memiliki makna dari aktivitas permainan yang
dilakukan. Sebagai Fasilitator Outbound Experiential Learning aktivitas yang dilakukan
melibatkan dinamika antara kognitif, afektif dan psikomotor. Memasuki tahun 2020 dimana
munculnya pandemi Covid-19 yaitu wabah yang melanda seluruh dunia, memberikan
tantangan pada profesi ini dimana kegiatannya yang biasanya dilakukan dengan cara
interaksi bertemu langsung antar peserta, sehingga sulit untuk dilakukan dalam upaya
meminimalisir penyebaran virus yang terjadi. Sehingga Fasilitator Outbound Experiential
Learning memerlukan upaya-upaya baru yang bisa dilakukan agar tetap bisa menjalankan
kegiatan profesinya. Dalam menggali penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif
deskriptif, dengan menyebarkan kuisioner pertanyaan terbuka kepada Fasilitator Ourbound
Experiential Learning. Dari hasil temuan yang ditemukan berdasarkan hasil survey, pada
pertanyaan, hal apa yang dirasakan selama pandemi ditemukan 2 temuan yaitu dari sisi
psikologis dan materil. Pada pertanyaan kedua aktivitas yang dilakukan berkaitan
Experiential Learning didapatkan 3 temuan yaitu mengikuti protokol kesehatan, membuat
program virtual dan menyusun program destinasi baru.
Kata kunci: Fasilitator Outbound Experiential Learning, Pandemi Covid
Fasilitator Outbound Experiential Learning merupakan sebuah profesi yang melakukan
kegiatan kepemanduan, outbound, team building, outing dan gathering. Dimana profesi ini
bukan hanya memberikan permainan yang menyenangkan kepada peserta, namun juga
memberikan suatu pembelajaran yang memiliki makna dari aktivitas permainan yang
dilakukan. Sebagai Fasilitator Outbound Experiential Learning aktivitas yang dilakukan
melibatkan dinamika antara kognitif, afektif dan psikomotor. Memasuki tahun 2020 dimana
munculnya pandemi Covid-19 yaitu wabah yang melanda seluruh dunia, memberikan
tantangan pada profesi ini dimana kegiatannya yang biasanya dilakukan dengan cara
interaksi bertemu langsung antar peserta, sehingga sulit untuk dilakukan dalam upaya
meminimalisir penyebaran virus yang terjadi. Sehingga Fasilitator Outbound Experiential
Learning memerlukan upaya-upaya baru yang bisa dilakukan agar tetap bisa menjalankan
kegiatan profesinya. Dalam menggali penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif
deskriptif, dengan menyebarkan kuisioner pertanyaan terbuka kepada Fasilitator Ourbound
Experiential Learning. Dari hasil temuan yang ditemukan berdasarkan hasil survey, pada
pertanyaan, hal apa yang dirasakan selama pandemi ditemukan 2 temuan yaitu dari sisi
psikologis dan materil. Pada pertanyaan kedua aktivitas yang dilakukan berkaitan
Experiential Learning didapatkan 3 temuan yaitu mengikuti protokol kesehatan, membuat
program virtual dan menyusun program destinasi baru.
Kata kunci: Fasilitator Outbound Experiential Learning, Pandemi Covid
Article Details
How to Cite
Widarnandana, I. G. D., & Ariani, N. W. T. (2022). FASILITATOR OUTBOUND EXPERIENTIAL LEARNING MENGHADAPI PASCA PANDEMI COVID-19. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1700
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.