PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PGRI 1 BADUNG
Article Sidebar
Published:
Feb 18, 2022
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 70
Download : 138
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Judul penelitian ini ”Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Problem
Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh
rendahnya minat dan hasil belajar siswa karena penerapan model pembelajaran yang kurang
menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar
pada siswa kelas XI TB1 SMK PGRI 1 Badung dalam mata pelajaran tata hidangan yang
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.Penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif PTK, dengan jumlah sampel sebanyak 34
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner untuk mengukur
minat belajar serta tes esaay untuk mengukur hasil belajar siswa.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran problem based learning terjadi suasana
pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari minat
dan hasil belajar siklus I ke siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I jumlah Persentase
rerata skor minat belajar siswa 69,65% sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 79,68%,
terjadi peningkatan sebesar 10,03%. Pada hasil belajar siklus I mencapai persentase rerata
72,68%, sedangkan pada siklus II 82,66%, terjadi peningkatan sebesar 09,98%. Penerapan
metode problem based learning dalam penelitian ini telah dikatakan berhasil meningkatkan
minat dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan salah satu
metode belajar yang dapat digunakan pada pembelajaran tata hidang untuk meningkatkan
minat dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: model pembelajaran blended learning berbasisi problem based learning, minat
dan hasil belajar
Judul penelitian ini ”Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Problem
Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh
rendahnya minat dan hasil belajar siswa karena penerapan model pembelajaran yang kurang
menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar
pada siswa kelas XI TB1 SMK PGRI 1 Badung dalam mata pelajaran tata hidangan yang
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.Penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif PTK, dengan jumlah sampel sebanyak 34
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner untuk mengukur
minat belajar serta tes esaay untuk mengukur hasil belajar siswa.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran problem based learning terjadi suasana
pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari minat
dan hasil belajar siklus I ke siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I jumlah Persentase
rerata skor minat belajar siswa 69,65% sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 79,68%,
terjadi peningkatan sebesar 10,03%. Pada hasil belajar siklus I mencapai persentase rerata
72,68%, sedangkan pada siklus II 82,66%, terjadi peningkatan sebesar 09,98%. Penerapan
metode problem based learning dalam penelitian ini telah dikatakan berhasil meningkatkan
minat dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan salah satu
metode belajar yang dapat digunakan pada pembelajaran tata hidang untuk meningkatkan
minat dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: model pembelajaran blended learning berbasisi problem based learning, minat
dan hasil belajar
Article Details
How to Cite
Yuliastrini, N. W. E., Suartana, I. K., & Fransiska, M. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PGRI 1 BADUNG. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1709
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.