RESPON DAN PENGALAMAN KONSUMEN BERPARTISIPASI PADA MEGA SALE TANGGAL KEMBAR: STUDI KASUS PADA E-COMMERCE SHOPEE 9.9 SUPER SHOPPING DAY

Main Article Content

Ni Luh Putu Surya Ari Dewi
Ni Putu Risma Martadewi
Adeoni Korneles Mangamis
Stefany .
Putu Chris Susanto

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan teknologi telah membawa perubahan masyarakat ke arah digital,
termasuk dalam kegiatan jual beli secara daring melalui platform e-commerce yang
menawarkan kemudahan berbelanja daring. Sebagai salah satu marketplace terbesar di
Indonesia adalah Shopee, yang sangat gencar melakukan promosi, termasuk kampanye
setiap tanggal kembar (tanggal dan bulan sama digitnya). Hal tersebut merupakan salah
satu cara Shopee mengkapitalisasi perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhan secara
daring. Salah satu kampanye tanggal kembar adalah 9.9 Super Shopping Day, yang
sebenarnya diselenggarakan selama 27 hari pada tanggal 18 Agustus 2021 hingga 12
September 2021 dengan promo yang berbeda-beda setiap harinya. Penelitian dilakukan
secara kualitatif menggunakan metode photo elicitation interview untuk pengumpulan data
dengan menggunakan pertanyaan bersifat semi-terstruktur; melibatkan 4 partisipan dari
Generasi Milenial dan 4 partisipan dari generasi Z. Penelitian ini menelaah lebih mendalam
respon dan pengalaman konsumen saat berbelanja pada Mega Sale 9.9 Super Shopping Day,
dan menemukan bahwa partisipan memiliki pengalaman belanja yang berbeda-beda.
Khususnya partisipan Generasi Milenial yang cenderung kritis dalam melakukan penilaian
pengalaman belanja mereka. Partisipan Generasi Milenial cenderung memberikan komentar
mengenai bagaimana sistem dan aplikasi Shopee itu sendiri, sedangkan Generasi Z lebih
banyak menyebutkan pengalaman belanja tidak langsung seperti lambatnya pengiriman.
Kata kunci: e-commerce, Mega Sale, kampanye pemasaran daring, photo elicitation,
perilaku konsumen

Article Details

How to Cite
Ari Dewi, N. L. P. S., Martadewi, N. P. R., Mangamis, A. K., ., S., & Susanto, P. C. (2022). RESPON DAN PENGALAMAN KONSUMEN BERPARTISIPASI PADA MEGA SALE TANGGAL KEMBAR: STUDI KASUS PADA E-COMMERCE SHOPEE 9.9 SUPER SHOPPING DAY. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1716
Section
Articles