PERSEPSI KONSUMEN MILENIAL DAN GENERASI Z TERHADAP EKSISTENSI TERANG BULAN MINI SEBAGAI PRODUK JAJANAN ALTERNATIF
Article Sidebar
Published:
Feb 22, 2022
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 74
Download : 895
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Terang bulan adalah salah satu jajanan khas indonesia yang banyak dijumpai dalam
beragam cita rasa, ukuran, dan penyajian. Salah satu ragam terang bulan yang sedang tren
adalah terang bulan mini. Penulis tertarik menelaah eksistensi terang bulan mini sebagai
produk jajanan alternatif terhadap jajaran produk terang bulan yang telah dikenal, terutama
ketika dibandingkan dengan terang bulan jumbo. Penelitian ini mengambil pendekatan
kualitatif yaitu dengan menggunakan metode visual berupa foto, kemudian pengumpulan
data didapatkan dari hasil wawancara menggunakan media visual berupa foto (photo
elicitation interview) dan dari data yang didapatkan kemudian dianalisis. Partisipan dalam
penelitian terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan dari generasi milenial serta 2 laki-laki dan
2 perempuan dari generasi Z. Metode analisis dilakukan secara kualitatif dengan bertujuan
mengetahui pandangan konsumen milenial dan generasi Z terhadap eksistensi terang bulan
mini sebagai jajanan alternatif, terutama dalam konteks komparasi dengan terang bulan
jumbo yang lebih dahulu ada. Penelitian ini menemukan bahwa Generasi Z lebih berminat
untuk membeli terang bulan jumbo dan generasi milenial lebih berminat terhadap terang
bulan mini. Jika dilihat dari pandangan kesehatan generasi milenial dan generasi Z memiliki
pandangan yang sama bahwa terang bulan baik jumbo maupun mini sama-sama dapat
memberiakan dampak yang buruk untuk tubuh jika dinikmati secara berlebihan dan
dinikmati hampir setiap hari.
Kata Kunci : Terang Bulan Mini, photo elicitation, persepsi konsumen, milenial, generasi
Terang bulan adalah salah satu jajanan khas indonesia yang banyak dijumpai dalam
beragam cita rasa, ukuran, dan penyajian. Salah satu ragam terang bulan yang sedang tren
adalah terang bulan mini. Penulis tertarik menelaah eksistensi terang bulan mini sebagai
produk jajanan alternatif terhadap jajaran produk terang bulan yang telah dikenal, terutama
ketika dibandingkan dengan terang bulan jumbo. Penelitian ini mengambil pendekatan
kualitatif yaitu dengan menggunakan metode visual berupa foto, kemudian pengumpulan
data didapatkan dari hasil wawancara menggunakan media visual berupa foto (photo
elicitation interview) dan dari data yang didapatkan kemudian dianalisis. Partisipan dalam
penelitian terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan dari generasi milenial serta 2 laki-laki dan
2 perempuan dari generasi Z. Metode analisis dilakukan secara kualitatif dengan bertujuan
mengetahui pandangan konsumen milenial dan generasi Z terhadap eksistensi terang bulan
mini sebagai jajanan alternatif, terutama dalam konteks komparasi dengan terang bulan
jumbo yang lebih dahulu ada. Penelitian ini menemukan bahwa Generasi Z lebih berminat
untuk membeli terang bulan jumbo dan generasi milenial lebih berminat terhadap terang
bulan mini. Jika dilihat dari pandangan kesehatan generasi milenial dan generasi Z memiliki
pandangan yang sama bahwa terang bulan baik jumbo maupun mini sama-sama dapat
memberiakan dampak yang buruk untuk tubuh jika dinikmati secara berlebihan dan
dinikmati hampir setiap hari.
Kata Kunci : Terang Bulan Mini, photo elicitation, persepsi konsumen, milenial, generasi
Article Details
How to Cite
Nugraha, I. N. P., Harta, I. M. B., Haditya, K. R., Dewi, N. M. D. C., & Susanto, P. C. (2022). PERSEPSI KONSUMEN MILENIAL DAN GENERASI Z TERHADAP EKSISTENSI TERANG BULAN MINI SEBAGAI PRODUK JAJANAN ALTERNATIF. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1717
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.