RESPON KONSUMEN GENERASI Z TERHADAP KAMPANYE PEMASARAN MIE LEMONILO BERBASIS FOTO DAN VIDEO

Main Article Content

Rendi Falentino
I Made Donny Chrismayoga

Abstract

ABSTRAK
Pesatnya perubahan tren makanan dan minuman menjadi tantangan besar bagi industri
makanan instan. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat,
muncul berbagai produk dan brand makanan sehat instan seperti Mie Lemonilo. Dalam
kampanye pemasarannya, Mie Lemonilo menggunakan iklan berbasis visual yaitu foto dan
video, termasuk merekrut pesohor Indonesia sebagai brand ambassador. Penelitian ini
bertujuan menganalisis respon konsumen generasi Z terhadap kampanye pemasaran Mie
Lemonilo berbasis media foto dan video dengan brand ambassador. Penulis tertarik
menelaah apakah konsumen cenderung lebih merespon kalau foto produknya saja atau lebih
merespon video iklan tentang Mie Lemonilo dengan adanya artis/pesohor di dalam iklan
tersebut. Riset kualitatif berbasis media visual ini menggunakan metode photo elicitation
untuk memperoleh pendapat melalui wawancara, penulis menampilkan foto terkait Mie
Lemonilo dan video iklan sebagai visualisasi dengan butir-butir pertanyan semi-terstruktur
terhadap 8 orang responden Generasi Z yang mengkonsumsi Mie Lemonilo maupun tidak
mengkonsumsinya.
Kata kunci: Mie Lemonilo, kampanye pemasaran, Generasi Z, perilaku konsumen, photo
elicitation

Article Details

How to Cite
Falentino, R., & Chrismayoga, I. M. D. (2022). RESPON KONSUMEN GENERASI Z TERHADAP KAMPANYE PEMASARAN MIE LEMONILO BERBASIS FOTO DAN VIDEO. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1718
Section
Articles