PEMAKNAAN BAHASA NON-VERBAL DALAM IKLAN SMARTPHONE PADA SOSIAL MEDIA: KAJIAN SEMIOTIKA SOSIAL
Article Sidebar
Published:
Jan 21, 2023
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 83
Download : 80
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Banyak ditemui adanya iklan-iklan digital yang menyimpang dalam menggunakan metode komunikasi non-verbal. Alih-alih untuk menyampaikan informasi mengenai produk tertentu, malah memberikan miss-interpretasi yang salah dan membingungkan. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memaknai dan memahami bentuk-bentuk penggunaan bahasa non-verbal pada iklan digital dalam penyampaian informasi mengenai produk smartphone tertentu berdasarkan teori Semiotika Sosial. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan struktur komponen iklan sebagai bahasa nonverbal dalam iklan digital untuk pemasaran smartphone; (2) mendeskripsikan hubungan antara tanda dan acuannya sebagai penanda dan tanda dalam iklan digital untuk pemasaran smartphone; dan (3) mendeskripsikan dan memberikan gambaran saran mengenai peran makna yang tepat dalam periklanan digital untuk pemasaran smartphone. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk pengumpulan data dari partisipan penelitian berupa media visual dari media sosial Instagram. Objek penelitian adalah perilaku nonverbal seperti ekspresi wajah, gerak tubuh, bahasa tubuh, gerakan, sentuhan, dan tampilan yang dapat dilihat dalam iklan digital. Untuk memberikan gambaran kesesuaian antara penerapan semiotika dengan praktik penyampaian informasi tertentu melalui iklan digital untuk pemasaran smartphone. Hasil penelitian ini meliputi penambahan variabel ilmu semiotika dalam desain periklanan digital untuk pemasaran smartphone. Untuk mencegah kesalahpahaman antara pengiklan dan khalayak sasaran, kesesuaian yang ideal antara keinginan dan pesan yang ingin disampaikan dapat terjalin dengan baik. Perluasan ilmu bahasa ke bidang yang lebih baru, seperti dunia bisnis dan periklanan komersial, adalah tujuan lain dari penelitian ini.
Kata kunci: semiotika, smartphone, makna, nonverbal, komersial
Banyak ditemui adanya iklan-iklan digital yang menyimpang dalam menggunakan metode komunikasi non-verbal. Alih-alih untuk menyampaikan informasi mengenai produk tertentu, malah memberikan miss-interpretasi yang salah dan membingungkan. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memaknai dan memahami bentuk-bentuk penggunaan bahasa non-verbal pada iklan digital dalam penyampaian informasi mengenai produk smartphone tertentu berdasarkan teori Semiotika Sosial. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan struktur komponen iklan sebagai bahasa nonverbal dalam iklan digital untuk pemasaran smartphone; (2) mendeskripsikan hubungan antara tanda dan acuannya sebagai penanda dan tanda dalam iklan digital untuk pemasaran smartphone; dan (3) mendeskripsikan dan memberikan gambaran saran mengenai peran makna yang tepat dalam periklanan digital untuk pemasaran smartphone. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk pengumpulan data dari partisipan penelitian berupa media visual dari media sosial Instagram. Objek penelitian adalah perilaku nonverbal seperti ekspresi wajah, gerak tubuh, bahasa tubuh, gerakan, sentuhan, dan tampilan yang dapat dilihat dalam iklan digital. Untuk memberikan gambaran kesesuaian antara penerapan semiotika dengan praktik penyampaian informasi tertentu melalui iklan digital untuk pemasaran smartphone. Hasil penelitian ini meliputi penambahan variabel ilmu semiotika dalam desain periklanan digital untuk pemasaran smartphone. Untuk mencegah kesalahpahaman antara pengiklan dan khalayak sasaran, kesesuaian yang ideal antara keinginan dan pesan yang ingin disampaikan dapat terjalin dengan baik. Perluasan ilmu bahasa ke bidang yang lebih baru, seperti dunia bisnis dan periklanan komersial, adalah tujuan lain dari penelitian ini.
Kata kunci: semiotika, smartphone, makna, nonverbal, komersial
Article Details
How to Cite
Agustia, K. T. S., Kurniawan, I. B., & Raditha Oka, I. B. M. J. (2023). PEMAKNAAN BAHASA NON-VERBAL DALAM IKLAN SMARTPHONE PADA SOSIAL MEDIA: KAJIAN SEMIOTIKA SOSIAL. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2245
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.