ANALISIS PENGARUH APLIKASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN
Article Sidebar
Published:
Jan 21, 2023
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 609
Download : 1241
Download : 1241
Main Article Content
Mia Dana Sukmawati
Gusti Ngurah Joko Adi Negara
Abstract
ABSTRAK
Perubahan teknologi yang sangat cepat terutama pada era industri 4.0 saat ini, peran digital marketing sebagai media pemasaran mempunyai pengaruh yang sangat besar terutama pada pelaku bisnis dalam meningkatkan promosi serta memberikan kesempatan untuk perusahaan menerapkan konsep pemasaran digital. Digital marketing berbasis aplikasi telah banyak digunakan para pelaku bisnis mulai dari perusahaan brand ternama sampai UMKM sebagai media promosi dengan tujuan untuk menarik minat beli konsumen. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis berbagai macam strategi digital marketing berbasis aplikasi dan menguji sumbangannya terhadap tujuan perusahaan. Penelitian ini mengkaji dan menganalisa pengaruh konten live marketing, influencer, media sosial dan Search Engine Optimization (SEO) terhadap keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian merupakan data sekunder berupa teori dan temuan empiris penelitian terdahulu yang didapatkan menggunakan studi literatur. Hasil penelitian ini didapat kesimpulan yaitu bentuk pemasaran yang menekankan penjelasan produk, komunikasi interaktif dengan live audiens serta pemberian giveaway kepada followers memberikan dampak dalam meningkatkan engagement konsumen terhadap pembelian produk. Sedangkan pada penggunaan SEO pada website telah memberikan dampak dalam peningkatan pengunjung baru pada website. Penelitian ini menggunakan literatur sebagai alat analisis, maka diharapkan bagi penelitian selanjutnya perlu menggunakan metodelogi lain sehingga informasi yang didapatkan lebih akurat dalam analisis keefektifan penggunaan media digital dalam pelayanan kepada pelanggan.
Kata kunci: digital marketing, aplikasi sosial media marketing, Influencer, konten live marketing, deskriptif, Search Engine Optimization(SEO)
Perubahan teknologi yang sangat cepat terutama pada era industri 4.0 saat ini, peran digital marketing sebagai media pemasaran mempunyai pengaruh yang sangat besar terutama pada pelaku bisnis dalam meningkatkan promosi serta memberikan kesempatan untuk perusahaan menerapkan konsep pemasaran digital. Digital marketing berbasis aplikasi telah banyak digunakan para pelaku bisnis mulai dari perusahaan brand ternama sampai UMKM sebagai media promosi dengan tujuan untuk menarik minat beli konsumen. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis berbagai macam strategi digital marketing berbasis aplikasi dan menguji sumbangannya terhadap tujuan perusahaan. Penelitian ini mengkaji dan menganalisa pengaruh konten live marketing, influencer, media sosial dan Search Engine Optimization (SEO) terhadap keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian merupakan data sekunder berupa teori dan temuan empiris penelitian terdahulu yang didapatkan menggunakan studi literatur. Hasil penelitian ini didapat kesimpulan yaitu bentuk pemasaran yang menekankan penjelasan produk, komunikasi interaktif dengan live audiens serta pemberian giveaway kepada followers memberikan dampak dalam meningkatkan engagement konsumen terhadap pembelian produk. Sedangkan pada penggunaan SEO pada website telah memberikan dampak dalam peningkatan pengunjung baru pada website. Penelitian ini menggunakan literatur sebagai alat analisis, maka diharapkan bagi penelitian selanjutnya perlu menggunakan metodelogi lain sehingga informasi yang didapatkan lebih akurat dalam analisis keefektifan penggunaan media digital dalam pelayanan kepada pelanggan.
Kata kunci: digital marketing, aplikasi sosial media marketing, Influencer, konten live marketing, deskriptif, Search Engine Optimization(SEO)
Article Details
How to Cite
Sukmawati, M. D., & Negara, G. N. J. A. (2023). ANALISIS PENGARUH APLIKASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2251
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.