PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA BALI ANAK KELOMPOK B PAUD SARASWATI IV DALAM CERITA BUYUNG DAN NGUING

Main Article Content

Putu Indah Lestari
Elizabeth Prima

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kosakata Bahasa Bali anak Kelompok B TK Saraswati IV dalam cerita Buyung dan Nguing. Penelitian ini dilaksanakan pada anak Kelompok B2 PAUD Saraswati IV Denpasar Tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode observasi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah 32 anak yang terdiri dari 13 putra dan 19 putri. Objek penelitian penerapan metode bercerita kearifan lokal Bali untuk meningkatan penguasaan kosakata Bahasa Bali. Hasil yang diperoleh pada Siklus I mencapai ketuntasan belajar sebesar 65,6% pada Siklus II menunjukkan 93,8%. Terdapat peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Bali anak sebesar 50% dari Siklus I ke Siklus II. Hal ini berarti penerapan metode bercerita kearifan lokal Bali dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Bali anak Kelompok B PAUD Saraswati IV Denpasar.
Kata kunci: kosakata, Bahasa Bali, storytelling, PAUD

Article Details

How to Cite
Lestari, P. I., & Prima, E. (2023). PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA BALI ANAK KELOMPOK B PAUD SARASWATI IV DALAM CERITA BUYUNG DAN NGUING. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2277
Section
Articles