RESPON KONSUMEN GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN ARTIS KOREA SEBAGAI BINTANG IKLAN E-COMMERCE INDONESIA
Article Sidebar
Published:
Feb 9, 2023
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 54
Download : 40
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Dunia periklanan di Indonesia sedang mengalami fenomena penggunaan artis Korea Selatan sebagai Brand Ambassador dengan mengkapitalisasi fenomena Korean wave untuk menarik minat belanja konsumen, tidak terkecuali pada industri E-commerce. Semakin maraknya trend musik Korean Pop (K-Pop) di Indonesia membuat beberapa situs marketplace Indonesia berlomba-lomba untuk berkolaborasi dengan berbagai idola asal Korea. Penelitian ini menganalisis respon konsumen generasi Z terhadap penggunaan artis Korea sebagai bintang iklan E-commerce Indonesia. Riset berbasis media visual ini dilakukan dengan menggunakan metode photo elicitation dengan butir-butir pertanyan semi-terstruktur untuk memperoleh respon kualitatif partisipan melalui wawancara. Penulis menampilkan foto terkait bintang iklan E-commerce sebagai visualisasi dengan 8 orang responden Generasi Z yang tergolong sebagai penggemar maupun non-fans artis Korea. Hasil penelitian menunjukkan respon konsumen Generasi Z terhadap penggunaan artis Korea dari perspektif yang berbeda dan bagaimana pengaruh artis Korea terhadap ketertarikan dan purchase intention terhadap perusahaan E-commerce Indonesia. Dampak positif penggunaan artis Korea sebagai Brand Ambassador Ecommerce di Indonesia dari perspektif pembeli Generasi Z, khususnya bagi penggemar (fans) K-pop mereka sangat senang bahwa idol mereka bisa menjadi Brand Ambassador E-commerce Indonesia sedangkan bagi bukan penggemar K-Pop lebih memberikan dampak netral atau cenderung positif.
Kata kunci: Generasi Z, artis Korea, e-commerce, photo elicitation, perilaku konsumen
Dunia periklanan di Indonesia sedang mengalami fenomena penggunaan artis Korea Selatan sebagai Brand Ambassador dengan mengkapitalisasi fenomena Korean wave untuk menarik minat belanja konsumen, tidak terkecuali pada industri E-commerce. Semakin maraknya trend musik Korean Pop (K-Pop) di Indonesia membuat beberapa situs marketplace Indonesia berlomba-lomba untuk berkolaborasi dengan berbagai idola asal Korea. Penelitian ini menganalisis respon konsumen generasi Z terhadap penggunaan artis Korea sebagai bintang iklan E-commerce Indonesia. Riset berbasis media visual ini dilakukan dengan menggunakan metode photo elicitation dengan butir-butir pertanyan semi-terstruktur untuk memperoleh respon kualitatif partisipan melalui wawancara. Penulis menampilkan foto terkait bintang iklan E-commerce sebagai visualisasi dengan 8 orang responden Generasi Z yang tergolong sebagai penggemar maupun non-fans artis Korea. Hasil penelitian menunjukkan respon konsumen Generasi Z terhadap penggunaan artis Korea dari perspektif yang berbeda dan bagaimana pengaruh artis Korea terhadap ketertarikan dan purchase intention terhadap perusahaan E-commerce Indonesia. Dampak positif penggunaan artis Korea sebagai Brand Ambassador Ecommerce di Indonesia dari perspektif pembeli Generasi Z, khususnya bagi penggemar (fans) K-pop mereka sangat senang bahwa idol mereka bisa menjadi Brand Ambassador E-commerce Indonesia sedangkan bagi bukan penggemar K-Pop lebih memberikan dampak netral atau cenderung positif.
Kata kunci: Generasi Z, artis Korea, e-commerce, photo elicitation, perilaku konsumen
Article Details
How to Cite
Leana, N. F., Yanti, N. P. S., Andika, I. M. A. R., Dewi, N. N. E., Santoso, B. C., & Susanto, P. C. (2023). RESPON KONSUMEN GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN ARTIS KOREA SEBAGAI BINTANG IKLAN E-COMMERCE INDONESIA. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2402
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.