MENGAKSELERASI IMPULSE BUYING KONSUMEN MELALUI HEDONIC VALUE PRODUK

Main Article Content

Ni Kadek Theressa Putri
Yeyen Komalasari

Abstract

Seringkali konsumen melakukan impulse buying, dimana mereka secara tiba-tiba memutuskan membeli sesuatu yang sebelumnya tidak mereka rencanakan, mereka seringkali mengandalkan perasaan yang membuat mereka merasa perlu untuk membeli produk tersebut. Salah satu yang memungkinkan hal tersebut terjadi adalah hedonic value, sebuah nilai yang mempengaruhi minat konsumen menggunakan suatu produk yang bukan merupakan kebutuhannya. Maka dari itu penting bagi perusahaan memanfaatkan fenomena psikologis ini untuk turut ambil bagian secara tidak langsung dalam mengarahkan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hedonic value mampu mempengaruhi impulse buying konsumen. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif dengan didukung berbagai referensi dan pengalaman dalam memaknai hedonic value bagi perilaku impulse buying konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep hedonic value sangat penting, dimana perusahaan harus mampu menciptakan nilai bagi produknya, sehingga mempengaruhi psikologis konsumen untuk menggunakan produk tersebut secara emosional, subyektif tanpa berpikir panjang apakah produk tersebut memang benar dibutuhkan atau tidak. Menawarkan konsumen memenuhi hasrat dan memuaskan rasa emosionalnya atas nilai suatu produk, kemudian melakukan keputusan pembelian secara impulse buying. Implikasi penelitian ini, dengan memahami strategi menumbuhkan nilai atas produk yang mampu mempengaruhi minat konsumen dalam melakukan impulse buying, akan mengakselerasi pencapaian tujuan perusahaan.

Article Details

How to Cite
Ni Kadek Theressa Putri, & Yeyen Komalasari. (2023). MENGAKSELERASI IMPULSE BUYING KONSUMEN MELALUI HEDONIC VALUE PRODUK. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2567
Section
Articles

References

Aswin, A., Rafiq, M., Pratama, Y. A., & Septiana, R. (2022, August). Perilaku Online Impulse Buying pada Marketplace Shopee. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 81-90).

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Lestari, S. I. P. (2018). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carrefour Surakarta. Jurnal Maksipreneur Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 7(2), 129-140.

Mavilinda, H. F., Wahab, Z., Shihab, M.S. (2020). Analisis Pengaruh Motivasi Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif Melalui Pencarian Produk Sebagai Variabel yang Memediasi (Studi Kasus Pada Produk Fashion di Media Sosial Instagram). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 18(2), 97-112.

Ningsih, L. S., & Kardiyem, K. (2020). Pengaruh Nilai Hedonik, Kualitas Pelayanan, Nilai Utilitarian terhadap Impulsive Buying melalui Brand Trust. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 717-732.

Putra, A. H. P. K., Said, S., Hasan, S. (2020). Pengaruh Karakteristik Toko dan Produk bagi Konsumen di Indonesia Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Universitas Merdeka Malang.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.

Tumanggor, S., Hadi, P., & Sembiring, R. (2021). Pembelian impulsif pada e-commerce shopee (studi pada konsumen shopee di Jakarta Selatan) (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta).

Wardhani, H. N. S., & Kusumahadi, K. (2021). Pengaruh Hedonic Value Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Zara Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 8(5).

Yistiani, N. N. M., Yasa, N. N. K., & Suasana, I. G. A. (2012). Pengaruh Atmosfer Gerai Dan Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik Dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Department Store Duta Plaza Di Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 6(2), 139-149.