KEUNIKAN EVENT DAN ENTERTAINMENT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI THE LEGEND BAR AND RESTAURANT, LEGIAN, KUTA, BALI
Article Sidebar
Download : 41
Main Article Content
Abstract
Event memiliki peran penting dalam menghidupkan dinamika sebuah entitas usaha restoran. Mereka bukan hanya menjadi alat untuk menarik perhatian pelanggan, tetapi juga menjadi fondasi untuk membangun citra dan menghadirkan pengalaman yang berkesan bagi konsumen. event merupakan cara yang efektif untuk mengumpulkan komunitas. Hal ini tidak hanya meningkatkan interaksi antar-pelanggan, tetapi juga memperluas jaringan dan membangun hubungan yang berkelanjutan. Penelitian ini menggali keunikan event dan entertainment untuk meningkatkan penjualan di The Legend Bar Restaurant Legian. Fokusnya adalah serangkaian event yang diselenggarakan dalam satu minggu oleh The Legend Bar sebagai respons atas persaingan pasar yang semakin ketat. Metode penelitian kualitatif digunakan, meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi langsung di lokasi. Temuan menunjukkan bahwa setiap event yang diadakan The Legend Bar and Restaurant memiliki konsep yang terencana dan memiliki identitasnya tersendiri. Keunikan yang paling ditunjukan adalah ditampilkannya konsep entertainment yang menampilkan tribute para legenda hiburan dunia. Signifikansi penelitian ini terletak pada peningkatan penjualan yang terjadi seiring berlangsungnya event tersebut. Ditemukan bahwa setiap event yang digelar mampu meningkatkan minat pelanggan dan memperluas jangkauan pasar. Dengan telah berdiri selama 34 tahun, The Legend Bar merupakan salah satu Bar yang telah menjadi ikon di daerah Legian, menunjukkan bahwa keunikan event yang terencana dengan baik dapat menjadi pendorong kesuksesan bisnis dalam meningkatkan penjualan untuk menghadapi persaingan yang sengit di pasar. Hal ini menegaskan bahwa identitas unik dalam setiap event dapat menjadi kunci peningkatan penjualan dan mempertahankan posisi dalam pasar yang kompetitif.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akil, et al. 2013. Pusat Penelitian dan Pengembangan Taman Pangan Departemen
Getz, D. (2012). Event Studies: Theory, Research, and Policy for Planned Events (2nd ed.).
Leiper, N. (2004). Tourism Management (3rd ed.).
Ritchie, J. R. B., & Crouch, G. I. (2003). The Competitive Destination: A Sustainable Tourism Perspective.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.).
Lusch, R. F., & Dunne, P. M. (2013). Retailing (6th ed.).
Tanner, J. F., Raymond, M. A., & Schuster, A. D. (2018). Principles of Marketing (2nd ed.).
Rackham, N. (2005). SPIN Selling.Click or tap here to enter text.
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1