EFEKTIVITAS STRATEGI CONSIGNMENT YANG DILAKUKAN OLEH BALI SCENTS TERHADAP HASIL PENJUALAN PRODUK

Main Article Content

Ni Luh Putri Sulistya Dewi
Gusti Ngurah Joko Adinegara

Abstract

Dalam proses penjualan suatu produk dilakukan beberapa cara pemasaran agar produk yang dihasilkan terjual dan memperoleh keuntungan. Selain dengan menjual di toko sendiri, salah satu cara pemasaran yang dilakukan yaitu dengan melakukan consigment yakni dengan menitipkan produk dagangan pada pihak tertentu dengan beberapa syarat yang sudah disepakati. Pihak yang memiliki produk disebut dengan consignor dan pihak yang dititipkan produk disebut dengan consignee. Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektivitas strategi consigment yang dilakukan oleh Bali Scents terhadap hasil penjualan produk dengan menggunakan metode dokumentasi dengan pengumpulan data dari sampel berjumlah 10 toko consignee dengan menggunakan laporan penjualan dari 10 toko consignee dan laporan penjualan dari toko Home of Bali Scents. Hasil penjualan dari consignee dianalisis dan dibandingkan dengan hasil penjualan produk dari toko Home Of Bali Scents. Hasil dari perbandingan penjualan dari consignee dan consignor menunjukkan bahwa penggunaan strategi consignment efektif dan memiliki pengaruh yang baik terhadap pemasaran produk dari Bali Scents.

Article Details

How to Cite
Ni Luh Putri Sulistya Dewi, & Gusti Ngurah Joko Adinegara. (2024). EFEKTIVITAS STRATEGI CONSIGNMENT YANG DILAKUKAN OLEH BALI SCENTS TERHADAP HASIL PENJUALAN PRODUK. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2770
Section
Articles

References

Suzana, S. 2022. Akuntansi Penjualan Konsinyasi terhadap Perolehan Laba pada Perusahaan Surya Topan Banjarbaru, Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 8(2), 378-385.

Syarif, Z. F., Valentia, R., Aprianti, D., Permata, D. B., Fransisca, A., & Carmidah, C. (2022). Mekanisme Pembagian Komisi Penjualan Barang Konsinyasi Produk Gas Lpg Di Toko Yurika Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(3), 231-237.

Pramitha, C., Winarni, S., & Porwani, S. (2022). Pencatatan Akuntansi Dalam Penjualan Konsinyasi Pada Klinik Opina Palembang. Jurnal Akuntansi, 2(1).

Nurdiana, R. (2020). Model konsinyasi dan kreativitas dalam pemasaran terhadap tingkat pendapatan home industri. Journal of Creative Attitudes Culture, 1(1), 1-18.

Anggraini, A., Mardiana, C. F., Djafar, M. R. R., Alfares, F., Fiqhrismanwirat, F., & Carmidah, C. (2022). Analisis Penjualan Konsinyasi Pada Usaha Rumahan Produk Kerupuk Sugianti Di Raman Utara Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(3), 222-230.

Cahyana, D., Isnaini, N., & Carmidah, C. (2023). Mekanisme Penjualan Produk Dengan Sistem Konsinyasi Pada Pelaku Usaha Keripik Singkong Di Desa Sendang Agung Bandar Mataram. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 01-07.