IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DAN CITRA INDUSTRI PERBANKAN PADA KEPUASAN NASABAH (Suatu Survey pada Lembaga Perbankan Nasional) PT. Bank Negara Indonesia (persero),Tbk
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Kemajuan teknologi internet dan media digital telah membawa pengaruh yang signifikan
terhadap perubahan dan pergeseran paradigma konsep pemasaran. Melalui platform digital
seperti media sosial, situs web, dan aplikasi perbankan, perusahaan dapat menyediakan
layanan yang lebih cepat, mudah, dan personal kepada nasabah. Interaksi yang efektif melalui
berbagai saluran digital dapat meningkatkan pengalaman nasabah, yang pada gilirannya
meningkatkan tingkat kepuasan. Citra industri perbankan juga berpengaruh pada tingkat
kepuasan nasabah. Bank yang berhasil mengintegrasikan citra merek mereka dengan pesan
yang konsisten dan positif melalui berbagai platform digital dapat meningkatkan kepercayaan
pelanggan dan membantu bank untuk memposisikan diri sebagai pemimpin dalam inovasi dan
teknologi keuangan. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini.
Penelitian ini dimulai dengan serangkaian wawancara kualitatif dengan mengidentifikasi
hubungannya yang memerlukan pemeriksaaan lebih detail. Wawancara ini dilakukan pada
nasabah PT. BNI. Penelitian menunjukkan bahwa digital marketing dan citra industri
berdampak terhadap kepuasan nasabah PT. BNI.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akil, et al. 2013. Pusat Penelitian dan Pengembangan Taman Pangan Departemen
Pertania. Edisi Kedua. Jakarta.Christina, Imelda Debby, Fenni, dan Devia Roselina. 2019. Digital Marketing Strategy
In Promoting Product. Management and Entrepreneurship: Trend of
Development Issue, 4(10) 58-66. Available from: https://managementjournal.org.ua/index.php/journal/article/view/137
Fadhilah, Dian Azmi dan Tami Pratiwi. 2021. Strategi Pemasaran Produk UMKM
Melalui Penerapan Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1) 17-22.
Irawati, Nisrul Primada, Rina. 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Brand
Image pada Unit Rawat Jalan Poliklinik Penyakit Dalam RSU DR. Pirngadi di
Medan.
Nurcahyo, A. 2018. Peran Digital Marketing dan Harga Kompetitif Terhadap
Keputusan Berlangganan Indihome. RELEVANCE : Journal of Management and
Business, 1, (1), 15-34.
Available from: https:// doi.org/10.22515/relevance.v1i1.1270
Pradiani, T. 2018. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap
Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis
Dan Ekonomi Asia, 11, (2), 46–53. Available from: https://doi.
org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Pradipta, Dyah Ayu, Anisha. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap
Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas PT. Pertamina (Persero) Enduro 4T Di
Makasar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanudin, Makasar.
Tomy, Retno Susanti, 2017. Journal Management & Accountancy. GLOBAL STIEUS
Surabaya, Vol. 1 No. 2, page : 52-62.