SELF–DISCLOSURE DAN BIG FIVE PERSONALITY PADA MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

Main Article Content

Ni Komang Jayati Hitasari
Ni Kadek Sunar Ayu Diantari Dewi
Fathia Anindya
Lidia Sandra

Abstract

Perkembangan era saat ini berdampak pada penggunaan media sosial yang semakin
meluas. Fenomena ini dialami oleh seluruh kalangan terutama kalangan generasi muda.
Fleksibelitas serta kemudahan untuk mengakses sosial media emungkinkan para pengguna
untuk menyampaikan informasi apapun mengenai diri mereka dengan bebas, kapanpun, dan
dimanapun. Kondisi tersebut berdampak signifikan pada self-disclosure yang dimiliki oleh
generasi muda dalam konteks penggunaan media sosial. Penelitian sebelumnya
menunjukkan bahwa setiap individu mengekspresikan tingkat self-disclosure yang berbeda,
hal ini dipengaruhi oleh karakteristik kepribadian masing-masing individu. Bertolak pada
kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran proses self-disclosure
yang berkaitan dengan dimensi big five personality pada mahasiswa sebagai pengguna
media sosial. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan menerapkan teknik
analisis Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). berdasarkan dari keterangan 10
mahasiswa yang aktif menggunakan media sosial serta berasal dari berbagai daerah di
Indonesia ditemukan bahwa terdapat dinamika yang berbeda dalam sisi self-disclosure pada
tiap mahasiswa pengguna media sosial yang disoroti melalui dimensi big five personality.

Article Details

How to Cite
Ni Komang Jayati Hitasari, Ni Kadek Sunar Ayu Diantari Dewi, Fathia Anindya, & Lidia Sandra. (2024). SELF–DISCLOSURE DAN BIG FIVE PERSONALITY PADA MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2786
Section
Articles

References

Uyun, Z. Q. (2020). Representasi Identitas Online-Offline dan Budaya Siber di

lingkungan Akademik. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan

Humaniora, 8(1), 61–69.

https://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambiakademika/article/download/1835/1463

Adnan, A. Z., & Hidayati, F. (2018). Self-disclosure Ditinjau dari Tipe Kepribadian

dan Self-Esteem Pada Remaja Pengguna Media Sosial. JPSP: Jurnal Psikologi

Sains Dan Profesi, 2(2), 179–184. http://etheses.uin-malang.ac.id/13558/

Bazarova, N. N., & Choi, Y. H. (2014). Self-disclosure in social media: Extending

the functional approach to disclosure motivations and characteristics on social

network sites. Journal of Communication, 64(4), 635–657.

https://doi.org/10.1111/jcom.12106

Budysan, T., & Sidjaja, F. F. (2019). Hubungan antara Tipe Kepribadian Big Five

dengan Adiksi Internet Pada Mahasiswa di Surabaya. Jurnal Experientia, 7(1),

–41.

http://journal.wima.ac.id/index.php/EXPERIENTIA/article/download/2121/191

Dewi, R., & Janitra, P. A. (2018). Dramaturgi dalam Media Sosial: Second Account

di Instagram Sebagai Alter Ego. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(3), 340–347.

https://doi.org/10.32534/jsfk.v13i01.1460

Fitriani, Y. (2017). Analisis pemanfaatan berbagai media sosial sebagai sarana

penyebaran informasi bagi masyarakat. Paradigma, 19(2), 148-152.

Fauzia, A. Z., Maslihah, S., & Ihsan, H. (2019). Pengaruh tipe kepribadian terhadap

self-disclosure pada dewasa awal pengguna media sosial instagram di kota

Bandung. Journal Psychology of Science and Profession, 3(3), 151–160.

http://journal.unpad.ac.id/jpsp/article/view/23434/12191

Kreiner, H., & Levi-Belz, Y. (2019). Self-disclosure here and now: Combining

retrospective perceived assessment with dynamic behavioral measures.

Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00558

Lampropoulos, G., Anastasiadis, T., Siakas, K., & Siakas, E. (2022). The Impact of

Personality Traits on Social Media Use and Engagement: An Overview.

International Journal on Social and Education Sciences, 4(1), 34–51.

https://doi.org/10.46328/ijonses.264

Ratnasari, R., Hayati, E. N., & Bashori, K. (2021). Self Disclosure Media Sosial pada

Fase Kehidupan Dewasa Awal. Jurnal Diversita, 7(2), 141–147.

https://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/4511/pdf

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam

Pembentukan Identitas Diri Remaja. Ejournal3.Undip.Ac.Id, 3(2), 1–12.

https://doi.org/10.18196/jjlel.3230

Walidaini, B., & Arifin, A. M. M. (2018). Pemanfaatan Internet Untuk Belajar Pada

Mahasiswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(1).

Widiyastuti, A. (2016). Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Self Disclosure

Pengguna Facebook. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEUUndergraduate-7640-JURNAL.pdf