SELF–DISCLOSURE DAN BIG FIVE PERSONALITY PADA MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL
Article Sidebar
Download : 174
Main Article Content
Abstract
Perkembangan era saat ini berdampak pada penggunaan media sosial yang semakin
meluas. Fenomena ini dialami oleh seluruh kalangan terutama kalangan generasi muda.
Fleksibelitas serta kemudahan untuk mengakses sosial media emungkinkan para pengguna
untuk menyampaikan informasi apapun mengenai diri mereka dengan bebas, kapanpun, dan
dimanapun. Kondisi tersebut berdampak signifikan pada self-disclosure yang dimiliki oleh
generasi muda dalam konteks penggunaan media sosial. Penelitian sebelumnya
menunjukkan bahwa setiap individu mengekspresikan tingkat self-disclosure yang berbeda,
hal ini dipengaruhi oleh karakteristik kepribadian masing-masing individu. Bertolak pada
kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran proses self-disclosure
yang berkaitan dengan dimensi big five personality pada mahasiswa sebagai pengguna
media sosial. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan menerapkan teknik
analisis Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). berdasarkan dari keterangan 10
mahasiswa yang aktif menggunakan media sosial serta berasal dari berbagai daerah di
Indonesia ditemukan bahwa terdapat dinamika yang berbeda dalam sisi self-disclosure pada
tiap mahasiswa pengguna media sosial yang disoroti melalui dimensi big five personality.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Uyun, Z. Q. (2020). Representasi Identitas Online-Offline dan Budaya Siber di
lingkungan Akademik. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan
Humaniora, 8(1), 61–69.
https://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambiakademika/article/download/1835/1463
Adnan, A. Z., & Hidayati, F. (2018). Self-disclosure Ditinjau dari Tipe Kepribadian
dan Self-Esteem Pada Remaja Pengguna Media Sosial. JPSP: Jurnal Psikologi
Sains Dan Profesi, 2(2), 179–184. http://etheses.uin-malang.ac.id/13558/
Bazarova, N. N., & Choi, Y. H. (2014). Self-disclosure in social media: Extending
the functional approach to disclosure motivations and characteristics on social
network sites. Journal of Communication, 64(4), 635–657.
https://doi.org/10.1111/jcom.12106
Budysan, T., & Sidjaja, F. F. (2019). Hubungan antara Tipe Kepribadian Big Five
dengan Adiksi Internet Pada Mahasiswa di Surabaya. Jurnal Experientia, 7(1),
–41.
http://journal.wima.ac.id/index.php/EXPERIENTIA/article/download/2121/191
Dewi, R., & Janitra, P. A. (2018). Dramaturgi dalam Media Sosial: Second Account
di Instagram Sebagai Alter Ego. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(3), 340–347.
https://doi.org/10.32534/jsfk.v13i01.1460
Fitriani, Y. (2017). Analisis pemanfaatan berbagai media sosial sebagai sarana
penyebaran informasi bagi masyarakat. Paradigma, 19(2), 148-152.
Fauzia, A. Z., Maslihah, S., & Ihsan, H. (2019). Pengaruh tipe kepribadian terhadap
self-disclosure pada dewasa awal pengguna media sosial instagram di kota
Bandung. Journal Psychology of Science and Profession, 3(3), 151–160.
http://journal.unpad.ac.id/jpsp/article/view/23434/12191
Kreiner, H., & Levi-Belz, Y. (2019). Self-disclosure here and now: Combining
retrospective perceived assessment with dynamic behavioral measures.
Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00558
Lampropoulos, G., Anastasiadis, T., Siakas, K., & Siakas, E. (2022). The Impact of
Personality Traits on Social Media Use and Engagement: An Overview.
International Journal on Social and Education Sciences, 4(1), 34–51.
https://doi.org/10.46328/ijonses.264
Ratnasari, R., Hayati, E. N., & Bashori, K. (2021). Self Disclosure Media Sosial pada
Fase Kehidupan Dewasa Awal. Jurnal Diversita, 7(2), 141–147.
https://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/4511/pdf
Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam
Pembentukan Identitas Diri Remaja. Ejournal3.Undip.Ac.Id, 3(2), 1–12.
https://doi.org/10.18196/jjlel.3230
Walidaini, B., & Arifin, A. M. M. (2018). Pemanfaatan Internet Untuk Belajar Pada
Mahasiswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(1).
Widiyastuti, A. (2016). Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Self Disclosure
Pengguna Facebook. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEUUndergraduate-7640-JURNAL.pdf