ANALISIS BIBLIOMETRIK TERHADAP MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN VOS VIEWER INDEXED OLEH GOOGLE SCHOLAR
Article Sidebar
Download : 62
Main Article Content
Abstract
Mengkaji masalah problem based dan berpikir kritis dari berbagai penelitian terdahulu yang akan
mampu membuka peluang baru untuk menemukan rise-riset yang lebih variatif dan untuk
mendapatkan keterbaharuan dari sebuah penelitian maka perlu dilakukan analisis terhadap riset
terdahulu dengan cara melakukan pemetaan terkait riset dibidang problem based, berpikir kritis yang
diterbitkan di berbagai jurnal yang terkandung dalam topik, judul, kata kunci, dan area abstrak.
Penelitian dilakukan untuk artikel yang diterbitkan pada rentang tahun 2019-2023. Dari hasil
pencarian diperoleh 1000 artikel yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian
bidang problem based dan berpikir kritis mengalami penurunan selama 5 tahun terakhir, yaitu pada
tahun 2019 sebesar 281 menjadi 35 artikel pada tahun 2023. Penelitian yang berkaitan dengan
problem based dan berpikir kritis yang paling banyak diteliti adalah berpikir kritis itu sendiri.
Sedangkan yang paling sedikit adalah dalam penelitian terkait argumentation skill dan HOTS.
Penelitian yang memiliki kemutakhiran tertinggi pada kata kunci berpikir kristis adalah model
problem atau pemecahan masalah. Setiap data dan hasil penelitian tersebut diperoleh berdasarkan
hasil analisis pemetaan dengan menggunakan VOSviewer . Ulasan ini tentunya diharapkan dapat
menjadi bahan acuan dan pertimbangan dalam mencari penelitian selanjutnya, khususnya penelitian
yang berkaitan dengan bidang problem based dan berpikir kritis.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Desiriah, E. and Setyarsih, W. (2021) ‘Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen
Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Fisika Di Sma’, ORBITA: Jurnal
Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), p. 79. Available at:
https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4436.
Ho, Y.-S. (2018). Comment on “A bibliometric analysis and visualization of medical big
data research” Sustainability 2018, 10, 166. Sustainability, 10(12),4851.
Hamidah, I.; Sriyono, S.; and Hudha, M.N. (2020). A bibliometric analysis of Covid-19
research using VOSviewer . Indonesian Journal of Science and Technology, 5(2), 209-
Lestari, D.R., Josephine, W. and Nuryadin, A. (2023) ‘Analisis Bibliometrik Perkembangan
Pembelajaran Online dengan Aplikasi Zoom Menggunakan VOSViewer’, Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), pp. 194–204. Available at:
https://doi.org/10.37640/jip.v14i2.1586.
Lestary, V.S., Pahlawan, U. and Tambusai, T. (2023) ‘Analisis Bibliometrik : Fokus
Penelitian Problem Based’, 4(1), pp. 120–125.
Nabilla, A.V. and Dani Nandiyanto, A.B. (2022) ‘Bibliometric Analysis of Computational
Mapping in The Publication of Nano Propolis using VOSviewer’, Advance Sustainable
Science Engineering and Technology, 4(2), p. 0220206. Available at:
https://doi.org/10.26877/asset.v4i2.13377.
Nurfauzan, M. iqbal and Faizatunnisa, H. (2021) ‘Analisis Bibliometrik Trend Penelitian
Covid-19 di Indonesia Pada Bidang Bisnis dan Manajemen’, Jurnal Bisnis Strategi,
(2), pp. 90–100. Available at: https://doi.org/10.14710/jbs.30.2.90-100.
Nandiyanto, A.B.D.; Biddinika, M.K.; and Triawan, F. (2020). How bibliographic dataset
portrays decreasing number of scientific publications from Indonesia. Indonesian
Journal of Science and Technology, 5(1), 154-175.
P.H., Utami, S.B. and Karlina, N. (2022) ‘Analisis Bibliometrik: Perkembangan Penelitian
Dan Publikasi Mengenai Koordinasi Program Menggunakan Vosviewer’, Jurnal
Pustaka Budaya, 9(1), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.31849/pb.v9i1.8599.
Sudirman Rizki Ariyanto, Ikke Wulan Puji Lestari,.dkk (2020) Problem Base Learning and
Argumentation Sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di
Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran