PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA DI TK ANUGRAH DENPASAR
Article Sidebar
Download : 41
Main Article Content
Abstract
Kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting di era
digitalisasi saat ini, karena modal sosial dan dukungan karir yang luas, pemahaman akan pentingnya
penguasaan bahasa harus diajarkan sejak dini, diperlukan bimbingan dan kepemimpinan. dari pihak
guru dan orang tua, saat ini TK Anugrah Denpasar masih menggunakan metode pengajaran tradisional
yaitu bahan tulis dan gambar di papan tulis, serta bahan ajar yang tentunya masih belum lengkap,
belum efektif dan efisien, belum dipahami oleh siswa dan kurangnya minat terhadap materi
pembelajaran, maka diperlukan cara baru dalam belajar bahasa Inggris untuk mengatasi permasalahan
tersebut, yaitu penggunaan teknologi media interaktif yang diharapkan dapat mendukung optimalisasi
pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Keterampilan
yang diajarkan itu penting.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini.
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On
Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science
Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47.
https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.
Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31.
https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338.
Barnaba, & Asruddin. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Anagram Dalam Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Improving
the English Vocabulary Mastery Through Anagram Media in Cooperative Methods of
Study Teams Games Tournament Type. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 80–89.
https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646.
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung
Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2),
–84. https://doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950.
Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu,
M. L. (2021). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of
Dental Sciences, 16(1), 15– 20. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio
Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923.
Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa
Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha,
(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.
Dewi, N. K., Tirtayani, L. A., & Kristiantari, R. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran
Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok B di Paud Gugus Anggrek, Kuta Utara.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan
Ganesha, 6(1), 43–53.
https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15090.
Dista. (2020). Manajemen Pendirian Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus Di TK Fastrack
Funschool Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 101–111.
https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.22582.
Diyantari, I. A. K. D., Wiyasa, N., & Manuaba, S. (2020). Model Snowball Throwing
Berbantuan Media Pop
Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Profesi Guru, 3(1), 9–21. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973.
Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar
Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21.
https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461.
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). Efektivitas Penerapan
Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual terhadap Kreativitas Fisika
Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2).
https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.
Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah, N. (2018). Perancangan Media Pengenalan
Warna Untuk Anak Usia Dini. JURNAL IMAJINASI, 2(2), 43.
https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553.
Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of
multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146,
https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747.
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan Model Penilaian Pendidikan
Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 361–370.
https://doi.org/10.21009/jpud.122.17.
Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2018). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak
Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources.
Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2).
https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520.
Marini, K. K. P. dan N. M. A. (2015). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka
Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok B3. EJournal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha: Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini, 3(1), 4. https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3239.Melianti, E. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif
Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. Jurnal
Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10.
Moll-Khosrawi, P., Cronje, J. S., Zöllner, C., Kubitz, J. C., & Schulte-Uentrop, L. (2021).
Understanding How the Motivational Dimension of Learning is Influenced by Clinical
Teaching in Medical Education: A Prospective Cohort Study. Annals of Medicine and
Surgery, 65(February), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102366.
Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan
Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,
(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478.
Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan
Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher
Journal, 7(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927.
Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of students’ critical thinking skill
of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA
Indonesia, 7(1), 54– 65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495.
Muyaroah, & Fajartia. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan
menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative
Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26.
https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336.
Nababan, R. S. (2016). Esensi dan Nilai Seni Poster Pagelaran Wayang Kulit Karya Gestisutis.
Gelar : Jurnal Seni Budaya, 14(1), 27–37. https://doi.org/10.33153/glr.v14i1.1745.
Naharir, R. A., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay
Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas
V Semester II SD. Mimbar PGSD, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975.
Pebri, Tegeh, & Rahayu. (2017). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang
Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di TK Widya Sesana Sangsit
/2017. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 336–347.
https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11557.
Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Project-Based Drawing Activities in Improving
Social-Emotional Skills of Early Childhood. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 2(2), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114.
Pramana, Tegeh, & Agung. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Kelas VI di SD
N 2 Banjar Bali Tahun 2015/2016. Edutech Undiksha, 5(2).
https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7631.
Prameswari, N. K. (2018). Peningkatan Dalam Penggunaan Media Ular Tangga Mata Kuliah
Pendidikan PKn SD Materi Strategi Pembelajaran Pada Kemampuan Kognitif Mahasiswa
Semester 2 STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 9.