PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA DI TK ANUGRAH DENPASAR

Main Article Content

I Gusti Nyoman Putra Kamayana
Putu Chrisma Dewi

Abstract

Kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting di era
digitalisasi saat ini, karena modal sosial dan dukungan karir yang luas, pemahaman akan pentingnya
penguasaan bahasa harus diajarkan sejak dini, diperlukan bimbingan dan kepemimpinan. dari pihak
guru dan orang tua, saat ini TK Anugrah Denpasar masih menggunakan metode pengajaran tradisional
yaitu bahan tulis dan gambar di papan tulis, serta bahan ajar yang tentunya masih belum lengkap,
belum efektif dan efisien, belum dipahami oleh siswa dan kurangnya minat terhadap materi
pembelajaran, maka diperlukan cara baru dalam belajar bahasa Inggris untuk mengatasi permasalahan
tersebut, yaitu penggunaan teknologi media interaktif yang diharapkan dapat mendukung optimalisasi
pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Keterampilan
yang diajarkan itu penting.

Article Details

How to Cite
I Gusti Nyoman Putra Kamayana, & Putu Chrisma Dewi. (2024). PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA DI TK ANUGRAH DENPASAR. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2794
Section
Articles

References

Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini.

Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On

Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science

Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47.

https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan

AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang.

Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31.

https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338.

Barnaba, & Asruddin. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Anagram Dalam Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Improving

the English Vocabulary Mastery Through Anagram Media in Cooperative Methods of

Study Teams Games Tournament Type. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 80–89.

https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung

Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2),

–84. https://doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu,

M. L. (2021). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of

Dental Sciences, 16(1), 15– 20. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio

Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923.

Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa

Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha,

(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.

Dewi, N. K., Tirtayani, L. A., & Kristiantari, R. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran

Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok B di Paud Gugus Anggrek, Kuta Utara.

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan

Ganesha, 6(1), 43–53.

https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15090.

Dista. (2020). Manajemen Pendirian Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus Di TK Fastrack

Funschool Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 101–111.

https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.22582.

Diyantari, I. A. K. D., Wiyasa, N., & Manuaba, S. (2020). Model Snowball Throwing

Berbantuan Media Pop

Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Profesi Guru, 3(1), 9–21. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973.

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar

Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21.

https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). Efektivitas Penerapan

Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual terhadap Kreativitas Fisika

Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2).

https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.

Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah, N. (2018). Perancangan Media Pengenalan

Warna Untuk Anak Usia Dini. JURNAL IMAJINASI, 2(2), 43.

https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553.

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of

multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146,

https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan Model Penilaian Pendidikan

Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 361–370.

https://doi.org/10.21009/jpud.122.17.

Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2018). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak

Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources.

Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2).

https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520.

Marini, K. K. P. dan N. M. A. (2015). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka

Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok B3. EJournal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha: Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan

Anak Usia Dini, 3(1), 4. https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3239.Melianti, E. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif

Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. Jurnal

Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10.

Moll-Khosrawi, P., Cronje, J. S., Zöllner, C., Kubitz, J. C., & Schulte-Uentrop, L. (2021).

Understanding How the Motivational Dimension of Learning is Influenced by Clinical

Teaching in Medical Education: A Prospective Cohort Study. Annals of Medicine and

Surgery, 65(February), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102366.

Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan

Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478.

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan

Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher

Journal, 7(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927.

Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of students’ critical thinking skill

of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA

Indonesia, 7(1), 54– 65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495.

Muyaroah, & Fajartia. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan

menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative

Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26.

https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336.

Nababan, R. S. (2016). Esensi dan Nilai Seni Poster Pagelaran Wayang Kulit Karya Gestisutis.

Gelar : Jurnal Seni Budaya, 14(1), 27–37. https://doi.org/10.33153/glr.v14i1.1745.

Naharir, R. A., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay

Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas

V Semester II SD. Mimbar PGSD, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975.

Pebri, Tegeh, & Rahayu. (2017). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang

Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di TK Widya Sesana Sangsit

/2017. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 336–347.

https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11557.

Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Project-Based Drawing Activities in Improving

Social-Emotional Skills of Early Childhood. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 2(2), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114.

Pramana, Tegeh, & Agung. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Kelas VI di SD

N 2 Banjar Bali Tahun 2015/2016. Edutech Undiksha, 5(2).

https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7631.

Prameswari, N. K. (2018). Peningkatan Dalam Penggunaan Media Ular Tangga Mata Kuliah

Pendidikan PKn SD Materi Strategi Pembelajaran Pada Kemampuan Kognitif Mahasiswa

Semester 2 STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 9.

https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2188.