PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK DI UNIVERSITAS DHYANA PURA
Article Sidebar
Download : 81
Main Article Content
Abstract
Kualitas layanan memiliki peran yang sangat penting dalam proses pelayanan di perguruan tinggi
khusunya kepada mahasiswa, karena proses kualitas pelayanan dapat membentuk persepsi dari
kualitas sebuah perguruan tinggi. Proses pelayanan yang konsisten, ramah, bersahabat dengan
fasilitas yang memadai dapat berdampak terhadap keberhasilan dan keberlanjutan perguruan
tinggi dalam lingkungan persaingan yang semakin ketat. Pelayanan akademik merupakan salah
satu proses yang dilalui dan dinilai oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
persepsi mahasiswa Universitas Dhyana Pura terhadap proses pelayanan akademik. Metode
deskriptif kuantitatif digunakan dalam upaya mengukur persepsi mahasiswa dengan instrumen
kuesioner. Kuesioner disebar ke seluruh mahasiswa dari tiga fakultas yang ada. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara umum berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kualitas
pelayanan akademik di Universitas Dhyana Pura dapat dikategorikan sudah baik. Pihak manajemen
diharapkan dapat memperhatikan beberapa atribut yang mendapatkan penilaian yang belum
maksimal, sehingga proses pelayanan akademik dapat ditingkatkan menjadi lebih baik sehingga
kepuasan mahasiswa juga akan semakin meningkat.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adinegara, G. N. J & Putra, P. S. E. 2016. Assessment of Service Quality in Higher
Education: Case Study in Private University, International Journal of Business and
Management Invention, 5 (9): 82-88.
Adinegara, G. N. J. 2018. Modeling of Tourist Satisfaction in Bali. Binus Business Review,
(3), 261-276. DOI: 10.21512/bbr.v9i3.5019
Angell, R., Heffernan, T & Megicks, P. 2008. Service Quality In Postgraduate Education.
Quality Assurance in Education. Vol. 16 (3), pp.236 – 254 Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta:
PT. Rineka Cipta
Chairiyaton, Zhafira, N. H & Ertika, Y. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas
Pelayanan Akademik di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi
Manajemen, 4 (2). pp. 267 – 276.
Chitty, B., Steven, W & Christina, C. 2007. An Application of the ECSI Model as a
Predictor of Satisfaction and Loyalty for Backpacker Hostels. Marketing Intelligence
dan Planning. Vol. 25, No. 6, pp. 563-580
Cronin, J., Brady, M. K & Hult, G. Tomas M. 2000. Assessing the Effects of Quality, Value,
and Customer Satisfaction on Consumer Behavioral Intentions in Service
Environments. Journal of Retailing, Vol: 76, No. 2, pp. 193–218.
Cretu, A & Brodie, R. 2009. Brand Image, Corporate Reputation, and customer Value.
Business To Business brand management:Theory, Research and Executive Case
Study Exercises Advances In Business Marketing and Purchasing, Vol.15, pp. 263–
DeShields Jr, O, Kara, A., & Kaynak, E. 2005. Determinants of business student
satisfaction and retention in higher education: applying Herzberg's two-factor
theory. International Journal of Educational Management, 19(2), 128-139.
Lovelock, C. 2000. Services Marketing: People, Technology, Strategy. 4th Edition, New
Jersey: Prentice Hall.
Murianto, M. 2014. Potensi dan Persepsi Masyarakat Serta Wisatawan Terhadap
Pengembangan Ekowisata di Desa Aik Berik, Lombok Tengah. Jurnal Master
Pariwisata (JUMPA), 1(1): 43-64.
Nadiri, H., Kandampully, J., & Hussain, K. (2009). Students' perceptions of service
quality in higher education. Total Quality Management & Business Excellence,
(5), 523-535.
Negi, R. 2009. Determining Customer Satisfaction through Perceived Service Quality: A
Study of Ethiopian Mobile Users, International Journal of Mobile Marketing, 4 (1):
-38.
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. & Berry, L.L. 1998. SERVQUAL: a Multi-Item Scale for
Measuring Customer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64 (1):12-
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020
Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar
Nasional Pendidikan.