PERILAKU ANTAR GENERASI PENIKMAT KOPI YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KOPI KEKINIAN
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Minuman seperti kopi populer di kalangan penikmat kalangan generasi millenials dan Z.
Meskipun demikian, variasi perilaku antar generasi penikmat kopi berdampak pada keingintahuan
mereka terhadap kopi modern. Kopi yang tergolong kekinian menawarkan beragam rasa, dan
tampilan yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang
mempengaruhi sikap dan perilaku peminum kopi lintas generasi serta minat mereka terhadap kopi
modern. Dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Sampel penelitian dibagi
menjadi dua kelompok generasi millenials dan generasi Z. Temuan penelitian ini menunjukkan
bahwa generasi pengguna kopi yang berbeda berperilaku berbeda. Di zaman antar generasi
sekarang kopi kekinian memiliki banyak varian rasa dan juga memiliki kemasan yang unik yang
menarik perhatian pelanggan karena sesuai dengan selera generasi muda. Ada beberapa faktor
point penting yang me mpengaruhi minat beli kopi kekinian. Faktor produk, harga, kemasan,
tempat, pribadi, sosial, psikologis. Untuk itu generasi yang paling banyak mengkonsumsi kopi
kekinian adalah generasi Milineals dan Generasi Z. Namun ada sedikit yang membedakan generasi
Millenials dalam membeli kopi karena memang menyukai kopi dan ada juga di generasi sekarang
atau generasi Z membeli kopi hanya karena lagi viral saja atau karena memiliki kemasan yang
menarik. Tapi balik lagi tidak semua seperti itu tergantung dari masing-masing pribadi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alfirahmi, A. (2019). Fenomena kopi kekinian di era 4.0 ditinjau dari marketing 4.0 dan
teori uses and effect. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 24-32. HAMIDAH, Lova Nadia Putri. Strategi Pemasaran Yang Dilakukan Kopi Soe Sehingga
Diterima Generasi Milenial
Ibrahim, K., Triwardhani, D., & Marzuki, F. (2020, November). Analisis Keputusan
Pembelian Kopi Kenangan Pada Generasi Milenial. In Prosiding BIEMA (Business
Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 1, pp. 643-655).
Riyanti, Desi Ayu. ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMBELI KOPI SUSU
KEKINIAN (KOPI KENANGAN) PADA PEREMPUAN MUDA MILENIAL DI MASA
PANDEMI COVID-19. Diss. UNIVERSITAS BAKRIE, 2021
Rose, T., & Nofiyanti, F. (2020). Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Kopi
Kekinian di Jakarta. LITERATUS, 2(1), 40-51.
Rose, T., & Nofiyanti, F. (2020). Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Kopi
Kekinian di Jakarta. LITERATUS, 2(1), 40-51.
Sari, Linda Puspita, et al. "Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout
Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi Janji Jiwa Pada Generasi Milenial
Bekasi." Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa 8.02 (2023): 259-263.
Sienatra, K. B., & Khadizah, N. U. (2022). KETERSEDIAAN UANG SEBAGAI PEMODERASI
GAYA HIDUP KONSUMTIF TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MINUMAN KOPI
KEKINIAN PADA GENERASI MILENI. KOLONI, 1(4), 185-191.
Tanuwijaya, William, Steven Tandrayuwana, and Adriana Aprilia. "PENGARUH INOVASI
PRODUK TERHADAP MINAT BELI MINUMAN KOPI MELALUI MOTIVASI SEBAGAI
VARIABEL MODERASI GENERASI Z DI KOTA SURABAYA." Jurnal Manajemen
Perhotelan 8.1 (2022): 50-58
Widiyanti, Diyah, and Harti Harti. "Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout
Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Kekinian Pada Generasi Milenial
Surabaya." Jurnal Manajemen Pemasaran 15.1 (2021): 50-60.