PERILAKU ANTAR GENERASI PENIKMAT KOPI YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KOPI KEKINIAN

Main Article Content

Amelia Elim
Joshua Daniel
I Kadek Darmita
Ni Putu Dyah Krismawintari
Tjokorda Bagus Putra Marhaendra

Abstract

Minuman seperti kopi populer di kalangan penikmat kalangan generasi millenials dan Z.
Meskipun demikian, variasi perilaku antar generasi penikmat kopi berdampak pada keingintahuan
mereka terhadap kopi modern. Kopi yang tergolong kekinian menawarkan beragam rasa, dan
tampilan yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang
mempengaruhi sikap dan perilaku peminum kopi lintas generasi serta minat mereka terhadap kopi
modern. Dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Sampel penelitian dibagi
menjadi dua kelompok generasi millenials dan generasi Z. Temuan penelitian ini menunjukkan
bahwa generasi pengguna kopi yang berbeda berperilaku berbeda. Di zaman antar generasi
sekarang kopi kekinian memiliki banyak varian rasa dan juga memiliki kemasan yang unik yang
menarik perhatian pelanggan karena sesuai dengan selera generasi muda. Ada beberapa faktor
point penting yang me mpengaruhi minat beli kopi kekinian. Faktor produk, harga, kemasan,
tempat, pribadi, sosial, psikologis. Untuk itu generasi yang paling banyak mengkonsumsi kopi
kekinian adalah generasi Milineals dan Generasi Z. Namun ada sedikit yang membedakan generasi
Millenials dalam membeli kopi karena memang menyukai kopi dan ada juga di generasi sekarang
atau generasi Z membeli kopi hanya karena lagi viral saja atau karena memiliki kemasan yang
menarik. Tapi balik lagi tidak semua seperti itu tergantung dari masing-masing pribadi.

Article Details

How to Cite
Amelia Elim, Joshua Daniel, I Kadek Darmita, Ni Putu Dyah Krismawintari, & Tjokorda Bagus Putra Marhaendra. (2024). PERILAKU ANTAR GENERASI PENIKMAT KOPI YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KOPI KEKINIAN. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2799
Section
Articles

References

Alfirahmi, A. (2019). Fenomena kopi kekinian di era 4.0 ditinjau dari marketing 4.0 dan

teori uses and effect. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 24-32. HAMIDAH, Lova Nadia Putri. Strategi Pemasaran Yang Dilakukan Kopi Soe Sehingga

Diterima Generasi Milenial

Ibrahim, K., Triwardhani, D., & Marzuki, F. (2020, November). Analisis Keputusan

Pembelian Kopi Kenangan Pada Generasi Milenial. In Prosiding BIEMA (Business

Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 1, pp. 643-655).

Riyanti, Desi Ayu. ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMBELI KOPI SUSU

KEKINIAN (KOPI KENANGAN) PADA PEREMPUAN MUDA MILENIAL DI MASA

PANDEMI COVID-19. Diss. UNIVERSITAS BAKRIE, 2021

Rose, T., & Nofiyanti, F. (2020). Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Kopi

Kekinian di Jakarta. LITERATUS, 2(1), 40-51.

Rose, T., & Nofiyanti, F. (2020). Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Kopi

Kekinian di Jakarta. LITERATUS, 2(1), 40-51.

Sari, Linda Puspita, et al. "Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout

Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi Janji Jiwa Pada Generasi Milenial

Bekasi." Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa 8.02 (2023): 259-263.

Sienatra, K. B., & Khadizah, N. U. (2022). KETERSEDIAAN UANG SEBAGAI PEMODERASI

GAYA HIDUP KONSUMTIF TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MINUMAN KOPI

KEKINIAN PADA GENERASI MILENI. KOLONI, 1(4), 185-191.

Tanuwijaya, William, Steven Tandrayuwana, and Adriana Aprilia. "PENGARUH INOVASI

PRODUK TERHADAP MINAT BELI MINUMAN KOPI MELALUI MOTIVASI SEBAGAI

VARIABEL MODERASI GENERASI Z DI KOTA SURABAYA." Jurnal Manajemen

Perhotelan 8.1 (2022): 50-58

Widiyanti, Diyah, and Harti Harti. "Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout

Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Kekinian Pada Generasi Milenial

Surabaya." Jurnal Manajemen Pemasaran 15.1 (2021): 50-60.