ANALISIS KONSUMEN TERHADAP GAME ONLINE MOBILE
Article Sidebar
Download : 0
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi seluler dan akses internet yang semakin mudah diakses telah mengubah
landscape industri hiburan, dengan fenomena game online mobile menjadi salah satu segmen paling
signifikan. Game mobile bukan hanya menjadi hiburan populer, tetapi juga menjadi sumber
pendapatan yang penting bagi perusahaan. Dalam konteks ini, survei konsumen terhadap game
online mobile menjadi suatu kebutuhan yang mendesak. Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki
faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih, menggunakan dan membeli
game online mobile. Artikel ini membahas latar belakang relevansi survei konsumen, dengan fokus
pada pertumbuhan eksponensial game mobile, beragam jenis game, model monetisasi yang
beragam, pengaruh sosial dan multiplayer, aspek kesejahteraan dan waktu bermain, peran penyedia
game mobile, serta regulasi dan perlindungan konsumen. Survei konsumen ini dianggap sebagai alat
penting untuk memahami perilaku konsumen dalam ekosistem game mobile yang berkembang
pesat, memberikan wawasan berharga bagi perusahaan game, pemerintah, dan peneliti untuk
mengelola dan mengembangkan industri ini dengan memperhitungkan kepentingan dan preferensi
konsumen
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alhamid, Thalha, and Budur Anufia. "Resume: Instrumen pengumpulan data." Sorong:
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) (2019)
Ansori, Aan. "Sistem informasi perbankan syari’ah." Banque Syar'i: Jurnal llmiah
Perbankan Syariah 4.2 (2018): 183-204.
Badriyyah, A., Hadi, P. and Dwi, A.B., 2020, January. Analisis Persepsi Konsumen
terhadap Minat Beli Item Virtual Pada Mobile Game. In Konferensi Riset Nasional
Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi I.
DENY, S., 2023. PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KESENANGAN DAN
KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT PEMBELIAN VIRTUAL ITEM GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (Studi pada pemain game online di grup Facebook Mobile
Legends BandarLampung).
Herawan, M.H. and Rachman, M.Y., 2021. Pengaruh Nilai Virtual Item Terhadap Intensi
Pembelian Virtual Item dalam Game Online PUBG Mobile. Inobis: Jurnal Inovasi
Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(1), pp.1-12.
Kasihyana, F., Sari, I. and Wilandari, A., 2023. PENGARUH HARGA DAN PROMOSI
TERHADAP MINAT BELI UC DALAM GAME PUBGM DI REGION JABODETABEK:
Indonesia. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(9), pp.3792-3803.
Nugroho, A.P., 2020. Analisis Keterkaitan Keterlibatan Konsumen terhadap Penjualan
pada Game Online (Studi Kasus pada Pemain Mobile Legends Bang Bang).
Rahmadianti, R.N., Nasution, A.H. and Sugihartanto, M.F., 2021. Analisis Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Virtual Item dalam Online Mobile Game
(Studi Kasus: Mobile Legends Bang Bang). Jurnal Teknik ITS, 10(2), pp.A325-A331.
Ridha, A. and Daga, R., 2020. Analisis Motif Konsumen dalam Membeli Produk Virtual
Pada Game Online di Kota Makassar. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro,
(2), pp.52-63.
Yulius, R., 2017. Analisis perilaku pengguna dalam pembelian item virtual pada game
online. Journal of Animation and Games Studies, 3(1), pp.1-14.