ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS PEGADAIAN PADA UPC PERUM BUMI DALUNG PERMAI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH
Article Sidebar
Download : 0
Main Article Content
Abstract
Pada Zaman ini yang berkembang dalam Lembaga keuangan baik maupun non bank di indonesia
akan mendorong berbagai pihak Lembaga keuangan yang selalu mengoptimalkan kegiatan
pemasarannya, begitu juga dengan PT. Pegadaian yang banyak menghadapi persaingan dengan
menyediakan produk dan jasa yang akan dapat membantu atau menyediakan kebutuhan Masyarakat
di masa yang akan datangan, sehingga PT Pegadaian menyediakan produk seperti Tabungan Emas
yang merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang
terjangkau.
Laporan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pada PT. Pegadaian yang
memiliki produk tabungan emas pada UPC Bumi Dalung.Laporan ini dilakukan dengan pengambilan
objek nasabah yang melakukan pembukaan tabungan emas dan data-data dalam laporan diperoleh
dari hasil wawacara dan observasi pada objek laporan. Penelitian ini menerapkan strategi pemasaran
yang diterapkan pada produk tabungan emas di PT Pegadaian dengan peningkatan jumlah nasabah
dan bagaimana pemasaran produk tabungan emas pada PT Pegadaian, dalam penelitian ini dilakukan
dengan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data
primer dan data sekunder dan pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi dan observasi
dan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini
menunjukan bahwa kegiatan yang strategis dalam pemasaran dan proses pencatatan keuangan
diperlukan perbaikan dalam sistemnya, jadi dalam perbaikan sistem harus adanya sistem
perencanaan yang akan membantu dan memudahkan dalam penyusuan strategis pemasaran dan
pencatatan keuangan pada PT Pegadaian.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Pt Pegadaian (Persero) Cabang
Syariah Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah. (2017). Hamdan Supriono.
Dyah Lestari. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Dalam Upaya
Menarik Minat Nasabah.
Maharani, N. S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Fluktuasi Harga Emas Terhadap Minat
Nasabah Pada Produk Tabungan Emas.
Http://Ejournal.Iaisyarifuddin.Ac.Id/Index.Php/Muhasabatuna
Rifatul Jannah Hariyanto_E20161088. (2020). Analisis Investasi Pada Tabungan Emas Di
Pegadaian Syariah Cabang Jember.