PERAN KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO GUDANG AKI DENPASAR
Article Sidebar
Download : 0
Main Article Content
Abstract
Di Bali, persaingan di dunia Aki semakin ketat. Fakta memperlihatkan penjualan Aki terus
meningkat dan perusahaan Aki menjamur di berbagai daerah, termasuk di Denpasar. Keberadaan
Toko Gudang Aki Denpasar adalah salah satu outlet yang bisa membantu dalam memenuhi dan
menyediakan berbagai macam kebutuhan akan Aki. Berdasarkan informasi dari pelanggan Toko
Gudang Aki Denpasar, masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki agar konsumen merasakan
kepuasan. Kualitas produk dan kualitas pelayanan merupakan dua faktor penting yang memiliki
peran agar konsumen merasakan kepuasan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis serta mengetahui bagaimana peran kualitas produk dan kuliatas pelayanan terhadap
kepuasan konsumen pada Toko Gudang Aki Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan
analisis kualitatif deskriptif, dimana peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi
untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas
pelayanan sangat berperan penting terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Gudang Aki Denpasar.
Hal ini berarti bahwa semakin baik kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diberikan Toko
Gudang Aki Denpasar, maka konsumen tentu dapat memperoleh kepuasan. Dengan demikian Toko
Gudang Aki Denpasar akan dapat mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumennya.
Terimakasih kepada dosen program studi Magister Manajemen yang telah membimbing peneliti
dalam menyelesaikan penelitian ini.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adinugraha, A T., Michael, S., 2015, Analisis Pengaruh Kualitas product presepsi Harga
Terhadap Kepuasan Kosumen D’cost Surabaya, Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol.3
No. 2
Hartanto, Anthony dan Fransisca Andeani.2019. Pengaruh kualitas produk, kualitas
layanan, dan lingkungan fisik terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan
di De Mandailing Cafe Surabaya, AGORA Vol.7, No.1
Kotler & Armstrong. 2001.Prinsip- prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Anailisis, Perencanaan,
Implementasi dan Pengendalian. Jakarta:Salemba Empat.
Kuriasih, A.2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Makanan, Harga dan
Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Ralana Solo, Naskah Publikasi,
Jurusan Manajemen. Kotler,dan. Keller (2012:150). Manajemen Pemasaran. Edisi 12.
Jakarta: Erlangga.
Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011. “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7”. Jakarta: Erlangga.
Sukmawati, Rina. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Garden Cafe, Skripsi. . Universitas Negeri Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2008. Strategi pemasaran (3rd ed.). Yogyakarta: Andi.
Zeithaml, V., & M.J. Bitner. 2006, p2 McGraw-Hill International Edition.