MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMBELI SMARTPHONE PADA GENERASI X DAN GENERASI Z
Article Sidebar
Download : 0
Main Article Content
Abstract
Smartphone adalah sebuah produk yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi. Hal
ini berdampak pada meningkatnya penggunaan smartphone. Sebelum melakukan pembelian
produk smartphone, konsumen memiliki berbagai motivasi atau dorongan yang berbeda-beda.
Motivasi konsumen merupakan sebuah dorongan untuk melakukan sebuah tindakan dalam
membeli sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai motivasi atau
dorongan dalam pembelian smartphone pada Generasi X dan Generasi Z. Metode penelitian
ini menggunakan metode wawancara terstruktur dimana sebelum melakukan wawancara
peneliti sudah menyusun daftar pertanyaan yang akan diberikan kepada narasumber secara
detail. Subjek pada penelitian ini yaitu Generasi X yang merupakan rentang kelahiran tahun
1965-1976 dan Generasi Z dengan rentang kelahiran tahun 1995-2010. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pada Generasi X dan Generasi Z memiliki motivasi atau dorongan yang
berbeda, di mana pada Generasi X lebih mengutamakan harga dan berfokus hanya pada fungsi
komunikasi, sedangkan pada generasi Z memiliki pertimbangan yang lebih beragam seperti
penyimpanan memori, ketahanan baterai, dan spek kamera.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Daeng, dkk. 2017. Penggunaan Smartphone dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan
oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Jurnal Acta Diurna. 6(1): 1-15.
Hartuti, Elizabeth. 2018. Analisis Motivasi Belanja Hedonik dan Utilitarian pada Profil
Konsumen dalam Kota. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 1(2): 102-116.
Maritsa, dkk. 2021. Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Penelitian
dan Kajian Sosial Keagamaan. 18(2): 91-100.