EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SERTA STANDAR PEMBIAYAAN DI TK DUTA KASIH

Main Article Content

Ni Made Esy Santi Wulandari
Darmawati Gulo
Ni Made Ayu Suryaningsih

Abstract

Tujuan Penelitian Pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan serta standar
pembiayaan di TK Duta Kasih Untuk Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Standar Pendidik
dan Tenaga Kependidikan Pada TK Duta Kasih dan Untuk Mengetahui Bagaimana
Pelaksanaan Standar Pembiayaan Pada TK Duta Kasih.Metode yang digunakan dalam
mengevaluasi standar pendidik dan tenaga kependidikan serta standar pembiayaan
menggunakan metode Context, Input, Process, Product (CIPP) wawancara, observasi dan
evaluasi. TK Duta Kasih dipilih sebagai subjek penelitian, karena sudah menjalankan
standar tingkat pencapaian perkembangan anak tetapi masih mengalami kendala pada
standar pembiayaan dan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil analisis yang
sudah dapat diperoleh yaitu Standar pendidik dan tenaga kependidikan sudah memenuhi
standar akreditasi PAUD, dan mendapatkan skor 81,25 kualifikasi nilai standar nasional
pendidikan (Baik). Standar Pembiayaan sudah memenuhi standar akreditasi PAUD, dan
mendapatkan skor 100 kualifikasi nilai standar nasional pendidikan (Sangat Baik). Evaluasi
standar nasional pendidikan khususnya standar pendidik dan tenaga kependidikan serta
standar pembiayaan pada TK Duta Kasih mendapatkan nilai yang sesuai dengan kriteria
minimal sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Article Details

How to Cite
Ni Made Esy Santi Wulandari, Darmawati Gulo, & Ni Made Ayu Suryaningsih. (2024). EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SERTA STANDAR PEMBIAYAAN DI TK DUTA KASIH. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2823
Section
Articles

References

Atmoko, Dadang Tri, and Rudarti. 2022. Geografi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT.

Gramedia Widiasarana Indonesia.

Daud, Mison Immanuel. 2022. Perkembangan Kurikulum Sekolah Minggu Gereja-Gereja Di

Manado. Jakarta Selatan: Publica Indonesia Utama.

Fatimah, S. 2020. “Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu

Pendidikan Di RA Mambaul Ulum Sumurgung Montong Tuban. Al-Hikmah:

Indonesia.” Journal of Early Childhood Islamic Education 4 (1).

Helaluddin, dan Hengky Wijaya. 2019. Analisis Data Kualitatif : Sebuah Tinjauan Teori &

Praktik. 2019: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hurit, Roberta Uron, Tasdin Tahrim, Rahmawida Putri, Darmanto, Sri Yanti, Purnamasuari

Prapnuwanti, dan Ali. Ramsah. 2021. Adminitrasi Pendidikan. Sumatra Barat: CV

Azka Pustaka.

Imron, Moh Jamaluddin. 2016. “Manajemen Pembiayaan Sekolah.” 1(1).

Jumari, dan Suwandi. 2020. Evaluasi Program Pendidikan Madrasah Ramah Anak Tinjauan

Teoritis Dan Praktis Berbasis CIPP Model. edited by Abdul. Jawa Barat: Cv.Adanu

Abimata.

Khoeron, Moh. 2022. “Wamenag: Kualitas Pendidikan Kunci Lahirkan Generasi Emas

” Kementrian Agama Republik Indonesia.

Masrukin, Sodikin. 2019. “Sumber-Sumber Pendapatan Sekolah/Madasrah.” Sodikin.Id.

Mukhtazar. 2020. Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media.

Ramdhani, Dadan, Merida, Ai Hendrani, dan Suheri. 2020. Akuntansi Biaya ( Konsep Dan

Implementasi Di Industri ManufakturAkuntansi Biaya (Konsep Dan Implementasi Di

Industri Manufaktur). Yogyakarta: CV Markumi.

Rangkuti, Hariyanto. 2015. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan.” Kompasiana.Sari, Mila, Tri Siswati, Arico ayani Suparto, Jonata, Ida Fitriana Ambarsari, Nur Azizah,

Wahyuningsih Safitri, Nur Hasanah, Agusti, Evi Gravitiani, dan Nurlena Andalia.

Metodologi Penelitian. Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Sudaryana, Bambang, dan Ricky Agusiady. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif.

Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Supena, Asep, Indra Jaya, dan Dona Paramita. 2018. Prosedur Operasi Standar Pendidikan

Anak Usia Dini Inklusif Penilaian Dan Laporan Perkembangan. Jakarta: Direktorat

Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini

dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suyadi. 2021. Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Tarjo. 2021. Metode Penelitian Administrasi. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Wahyudin, Undang Ruslan. 2020. Managemen Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam

Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional). Yogyakarta: Deepublish.