MOTIF DAN MANFAAT BELANJA ONLINE ANTARA GENERASI Y DAN GENERASI Z

Main Article Content

Paulus Bernard Paterson Buana
I Made Cendana
Arolius Yono
Fransisko Dimetrio Maun
Ni Putu Dyah Krismawintari

Abstract

Saat ini online shop semakin berkembang melalui internet seperti website, media
sosial, bahkan smartphone. Motif belanja online mencakup kenyamanan, variasi
produk, dan pengalaman berbelanja yang personal. Selain itu, manfaatnya
melibatkan efisiensi waktu, aksesibilitas global, dan seringkali penawaran harga yang
lebih baik. Generasi Y dan Z memiliki motif belanja online yang berkaitan dengan
mobilitas dan kecepatan. Mereka menghargai kenyamanan berbelanja kapan saja, di
mana saja, tanpa batasan geografis. Manfaatnya mencakup penghematan waktu
yang dapat dialokasikan untuk kegiatan lain yang dianggap lebih produktif. Belanja
online memberikan akses lebih besar ke berbagai produk dan merek, seringkali
dengan ulasan pengguna yang membantu dalam pengambilan keputusan. Ini
menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih terpersonal. Dalam konteks
manfaat, belanja online memungkinkan generasi Y dan Z untuk menjelajahi
penawaran global tanpa harus meninggalkan rumah. Hal ini memberi mereka
peluang untuk mendapatkan produk yang sulit ditemukan secara lokal. Selain itu,
platform belanja online seringkali menawarkan diskon dan promosi khusus,
meningkatkan nilai bagi konsumen.

Article Details

How to Cite
Paulus Bernard Paterson Buana, I Made Cendana, Arolius Yono, Fransisko Dimetrio Maun, & Ni Putu Dyah Krismawintari. (2024). MOTIF DAN MANFAAT BELANJA ONLINE ANTARA GENERASI Y DAN GENERASI Z. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2824
Section
Articles

References

Smith, A. (2018). "Understanding the Millennial Shopper: A Comprehensive Analysis

of Online Shopping Motivations and Benefits." Journal of Consumer Behavior,

(3), 256-268.

Jones, B., & Wang, L. (2020). "The Impact of Online Shopping on Consumer

Behavior: A Comparative Study of Millennials and Generation Z."

International Journal of Retail & Distribution Management, 48(9), 901-918.

Gupta, R., & Yadav, R. (2019). "Exploring the Motivations and Perceived Benefits of

Online Shopping among Young Consumers." Journal of Retailing and

Consumer Services, 51, 297-306.