EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PROSES DAN STANDAR SARANA PRASARANA DI TK TUNAS MEKAR II DALUNG

Main Article Content

Novi Maria Goreti Inuq
Ni Made Wulandari
Nona Mulia Pasaribu
Ni Made Ayu Suryaningsih

Abstract

Standar nasional PAUD merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam pengelolaan
dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
analisis pemenuhan standar proses dan standar sarana dan prasarana di TK Tunas Mekar II
Dalung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi CIPP (Context, Input, Process
and Product) dan metode kualitatif yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Dimana dalam penelitian ini memuat 2 standar nasional paud yaitu standar
proses dan standar sarana prasarana. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu TK Tunas
Mekar II Dalung. Serta objek dalam penelitian adalah sarana proses serta sarana dan
prasarana di tempat tersebut. Kedua standar tersebut sangat penting dalam proses
pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Berdasarkan penelitian
yang dilakukan di Tk tunas mekar II dalung standar proses mencapai skor 84,375 yang
dikategorikan dengan nilai baik dan standar sarana prasarana mencapai skor 75 yang
dikategorikan dengan nilai baik.

Article Details

How to Cite
Novi Maria Goreti Inuq, Ni Made Wulandari, Nona Mulia Pasaribu, & Ni Made Ayu Suryaningsih. (2024). EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PROSES DAN STANDAR SARANA PRASARANA DI TK TUNAS MEKAR II DALUNG. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2826
Section
Articles

References

Agustriani, J., Wulandari, Y., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Sarana Dan

Prasarana Kelompok Bermain (KB). Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03

July), 351–362.

Amalia Yunia Rahmawa ti. (2020). July, 1–23.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. O. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di

Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 4(2), 982. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.485

Pujaastwa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan

bahan informasi. 1–11.

Tamaya, E. (2017). Analisis Implementasi Standar Sarana Prasarana Paud Dikaji

Eka (2023). Mengenal 8 standar nasional pendidikan (pedoman untuk keseragaman

mutu pendidikan).

Hermawan. (2016). Metode penelitian bisnis. Malang: media nusa kreatif

Viandari. (2021). Standar proses(pengertian, fungsi dan komponen).

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6202830/jenis-teknik-pengumpulan-data -

beserta-pengertian-dan-contohnya/amp

Harahap (2022). Inovasi Kurikulum. Jawa Tengah

Nurlena Andalia. (2022). Metodologi penelitian. Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif

Teknologi.

Jumari, dan swandi. (2020). Evaluasi program Pendidikan Madrasah. Ramah Anak

Tinjauan Teoritis dan Praktis Berbasis CIPP Model. Editet by Abdul. Jawa

Barat: Cv. Azka Pustaka

Perdana, S.D.D.K. (2022) ‘Jenis Teknik Pengumpulan Data beserta Pengertian dan

Contohnya’, Detik Jabar. Available at: https://www.detik.com/jabar/berita/d6202830/jenis-teknik-pengumpulan- data-beserta-pengertian-dancontohnya.

Purwanto, A. (2022) Konsep Dasar Penelitian Kualitatif Teori dan Contoh Praktis.

Lombok Tengah: Pusat Perkembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.