EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PROSES DAN STANDAR SARANA PRASARANA DI TK TUNAS MEKAR II DALUNG
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Standar nasional PAUD merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam pengelolaan
dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
analisis pemenuhan standar proses dan standar sarana dan prasarana di TK Tunas Mekar II
Dalung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi CIPP (Context, Input, Process
and Product) dan metode kualitatif yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Dimana dalam penelitian ini memuat 2 standar nasional paud yaitu standar
proses dan standar sarana prasarana. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu TK Tunas
Mekar II Dalung. Serta objek dalam penelitian adalah sarana proses serta sarana dan
prasarana di tempat tersebut. Kedua standar tersebut sangat penting dalam proses
pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Berdasarkan penelitian
yang dilakukan di Tk tunas mekar II dalung standar proses mencapai skor 84,375 yang
dikategorikan dengan nilai baik dan standar sarana prasarana mencapai skor 75 yang
dikategorikan dengan nilai baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustriani, J., Wulandari, Y., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Sarana Dan
Prasarana Kelompok Bermain (KB). Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03
July), 351–362.
Amalia Yunia Rahmawa ti. (2020). July, 1–23.
Nurdin, N., & Anhusadar, L. O. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di
Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 4(2), 982. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.485
Pujaastwa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan
bahan informasi. 1–11.
Tamaya, E. (2017). Analisis Implementasi Standar Sarana Prasarana Paud Dikaji
Eka (2023). Mengenal 8 standar nasional pendidikan (pedoman untuk keseragaman
mutu pendidikan).
Hermawan. (2016). Metode penelitian bisnis. Malang: media nusa kreatif
Viandari. (2021). Standar proses(pengertian, fungsi dan komponen).
https://www.detik.com/jabar/berita/d-6202830/jenis-teknik-pengumpulan-data -
beserta-pengertian-dan-contohnya/amp
Harahap (2022). Inovasi Kurikulum. Jawa Tengah
Nurlena Andalia. (2022). Metodologi penelitian. Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif
Teknologi.
Jumari, dan swandi. (2020). Evaluasi program Pendidikan Madrasah. Ramah Anak
Tinjauan Teoritis dan Praktis Berbasis CIPP Model. Editet by Abdul. Jawa
Barat: Cv. Azka Pustaka
Perdana, S.D.D.K. (2022) ‘Jenis Teknik Pengumpulan Data beserta Pengertian dan
Contohnya’, Detik Jabar. Available at: https://www.detik.com/jabar/berita/d6202830/jenis-teknik-pengumpulan- data-beserta-pengertian-dancontohnya.
Purwanto, A. (2022) Konsep Dasar Penelitian Kualitatif Teori dan Contoh Praktis.
Lombok Tengah: Pusat Perkembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.