VALUASI PELAKSANAAN STANDAR PROSES SERTA STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TK NEO GENESIS

Main Article Content

Lusiana Christania
Elfiras Handayani Baene
Srinaitan Mendrofa
Ni Made Ayu Suryaningsih

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
standar proses dan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Standar proses digunakan
sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efesien untuk
mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh anak usia dini secara optimal. Standar
pendidik dan tenaga kependidikan digunakan sebagai acuan dalam menentukan kriteria
seorang calon guru atau tenaga kependidikan agar sesuai dengan 4 (empat) kompetensi
seorang guru PAUD yaitu pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Mengingat betapa
pentingnya peranan seorang guru ataupun tenaga pendidik serta proses pembelajaran yang
dilakukan oleh guru atau tenaga kependidikan terhadap anak usia dini. Model evaluasi yang
digunakan dalam penelitian ini ialah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Model
evaluasi CIPP merupakan sebuah evaluasi dengan model pengambilan keputusan, yang
dimana menggambarkan dan merinci lingkungan dalam bidang pengelolaan standar proses
dan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Subjek pada penelitian evaluasi ini adalah TK
Neo Genesis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode
observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, standar
proses memperoleh skor 93,75 kategori sangat baik dengan nilai 5/A, sedangkan standar
pendidik dan tenaga kependidikan memperoleh skor 87,5 kategori baik dengan nilai 4/B.

Article Details

How to Cite
Lusiana Christania, Elfiras Handayani Baene, Srinaitan Mendrofa, & Ni Made Ayu Suryaningsih. (2024). VALUASI PELAKSANAAN STANDAR PROSES SERTA STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TK NEO GENESIS. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2828
Section
Articles

References

Anwari, A. M., Kholik, N., S Pd I, M. S. I., Mainuddin, M. P. I., Umami, R., Putri, R.,

& Rahayu, R. (2021). Strategi Pembelajaran: orientasi standar proses

pendidikan. EDU PUBLISHER.

Asrul, A., Saragih, A. H., & Mukhtar, M. (2022). Evaluasi pembelajaran.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.

Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini.Mustika, M. (2021). Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Acuan

Standar Nasional Pendidikan. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru

Pendidikan Agama Islam.

Nurjanah, S., & Muntaqo, R. (2018). Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar

Proses Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada

Masyarakat UNSIQ.

Permendikbudristek 16 Tahun 2022. Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini,

Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Rahmah, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Evaluasi

Pembelajaran.

Sakdiah, H., & Syahrani, S. (2022). Pengembangan Standar Isi dan Standar Proses

Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Crossborder.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Susanti, H. (2021). Manajemen pendidikan, tenaga kependidikan, standar pendidik,

dan mutu pendidikan. Asatiza: Jurnal Pendidikan.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Suyadi. (2011). Manajemen Paud, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tatminingsih, S., & Pd, M. (n.d.). (2016). MODUL 1 Hakikat Anak Usia Dini.

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin.

Wijana D Widarmi, Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini dalam Wijana D Widarmi,

dkk. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: Universitas Terbuka,

.

Yanti, H., & Syahrani, S. (2021). Standar bagi pendidik dalam standar nasional

pendidikan indonesia. Adiba: Journal of Education.

Kemendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan

Teknologi Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2022 Tentang Standar Teknis

Pelayanan Minimal Pendidikan. Jdih.Kemdikbud.Go.Id.

Yuliani Nurani Sujiono, (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi

Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Plamboyan Edu