VALUASI PELAKSANAAN STANDAR PROSES SERTA STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TK NEO GENESIS
Article Sidebar
Download : 26
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
standar proses dan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Standar proses digunakan
sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efesien untuk
mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh anak usia dini secara optimal. Standar
pendidik dan tenaga kependidikan digunakan sebagai acuan dalam menentukan kriteria
seorang calon guru atau tenaga kependidikan agar sesuai dengan 4 (empat) kompetensi
seorang guru PAUD yaitu pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Mengingat betapa
pentingnya peranan seorang guru ataupun tenaga pendidik serta proses pembelajaran yang
dilakukan oleh guru atau tenaga kependidikan terhadap anak usia dini. Model evaluasi yang
digunakan dalam penelitian ini ialah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Model
evaluasi CIPP merupakan sebuah evaluasi dengan model pengambilan keputusan, yang
dimana menggambarkan dan merinci lingkungan dalam bidang pengelolaan standar proses
dan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Subjek pada penelitian evaluasi ini adalah TK
Neo Genesis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode
observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, standar
proses memperoleh skor 93,75 kategori sangat baik dengan nilai 5/A, sedangkan standar
pendidik dan tenaga kependidikan memperoleh skor 87,5 kategori baik dengan nilai 4/B.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anwari, A. M., Kholik, N., S Pd I, M. S. I., Mainuddin, M. P. I., Umami, R., Putri, R.,
& Rahayu, R. (2021). Strategi Pembelajaran: orientasi standar proses
pendidikan. EDU PUBLISHER.
Asrul, A., Saragih, A. H., & Mukhtar, M. (2022). Evaluasi pembelajaran.
Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.
Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini.Mustika, M. (2021). Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Acuan
Standar Nasional Pendidikan. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru
Pendidikan Agama Islam.
Nurjanah, S., & Muntaqo, R. (2018). Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar
Proses Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada
Masyarakat UNSIQ.
Permendikbudristek 16 Tahun 2022. Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini,
Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Rahmah, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Evaluasi
Pembelajaran.
Sakdiah, H., & Syahrani, S. (2022). Pengembangan Standar Isi dan Standar Proses
Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Crossborder.
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Susanti, H. (2021). Manajemen pendidikan, tenaga kependidikan, standar pendidik,
dan mutu pendidikan. Asatiza: Jurnal Pendidikan.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Suyadi. (2011). Manajemen Paud, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tatminingsih, S., & Pd, M. (n.d.). (2016). MODUL 1 Hakikat Anak Usia Dini.
Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin.
Wijana D Widarmi, Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini dalam Wijana D Widarmi,
dkk. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: Universitas Terbuka,
.
Yanti, H., & Syahrani, S. (2021). Standar bagi pendidik dalam standar nasional
pendidikan indonesia. Adiba: Journal of Education.
Kemendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan
Teknologi Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2022 Tentang Standar Teknis
Pelayanan Minimal Pendidikan. Jdih.Kemdikbud.Go.Id.
Yuliani Nurani Sujiono, (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi
Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Plamboyan Edu