EVALUASI STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DAN STANDAR PENILAIAN DI RA AZKA SUWUNG

Main Article Content

Ni Putu Ari Safitri
Herlina Elfrida Simbolon
Eva Rescia Fatmayzi
Ni Made Ayu Suryaningsih

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor dalam mengukur tingkat kemajuan suatu bangsa. Bila
pendidikan berkualitas baik maka dapat dipastikan sumber daya manusia yang dihasilkan juga akan
berkualitas baik. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan memuat kualifikasi dan kompetensi
yang dipersyaratkan oleh setiap lembaga untuk menciptakan kualitas pendidik dan tenaga
kependidikan yang baik di setiap lembaga sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Standar
Penilaian di RA Azka Suwung sudah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan PAUD. Metode
analisis data menggunakan analisis deskriptif serta metode pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Standar Pendidik dan Tenaga
Kependidikan di RA Azka memperoleh skor nilai 87,5 dengan kualifikasi baik begitu juga dengan
Standar Penilaian di RA Azka memperoleh skor nilai yang sama yaitu 87,5 yaitu dengan kualifikasi
baik juga.

Article Details

How to Cite
Ni Putu Ari Safitri, Herlina Elfrida Simbolon, Eva Rescia Fatmayzi, & Ni Made Ayu Suryaningsih. (2024). EVALUASI STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DAN STANDAR PENILAIAN DI RA AZKA SUWUNG. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2829
Section
Articles

References

Aisyah, S. (2017). Manajemen Tenaga Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri

Stabat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Fadilah, D. M. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar PAUD. Yogjakarta: Samudra biru.

Khairul Azan, d. (2023). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. RiaU, Sumater

Tengah: Dotplus Publisher.

Hermawan, S., & Amirullah, A. (2016). Metode penelitian bisnis pendekatan kuantitatif

& kualitatif.

Husni, K. (2022). Profsionalisme Dan Kompetensi Mutu Guru Dinas Pendidikan Provinsi

Jawa Barat. Integratif| Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam, Cipta Karya.

Lali Etika Rahmawati, M. H. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra

Indonesia. Surakarta: Universitas Muhamadyah.

Laura, C. (2022, Juli Senin). Media Indonesia. Diambil kembali dari

media.indonesia.com: https://mediaindonesia.com/hiburan/504056/cintalaura-ungkap-alasan-tertarik-majukan-pendidikan-di-tanah-air diakses pada

tanggal 29 Oktober 2023 jam 19.30.

Masitah, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Teknologi Whatsapp Bagi Guru, Siswa Dan

Orang Tua Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Daring dan Luring Pada Era

New Normal Di SMPN 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2020. Jurnal Pendidikan

Guru, 2(1).

Masrukhin, M. (2020). Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Terpada Di

Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 34 Hasyim Asy’ari Ambulu Jember (Doctoral

dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Purwanto Putra, P., & Roby, R. (2021). Optimalisasi Pengembangan Pusat Arsip (Rekod

Center) Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

SITANGGANG, N. C. (2023). Terhadap Hasilbelajar Siswa Pada Mata Pelajaran

Pendidikan Kewarganegaraan Di Smp Swasta Karya Bhakti Medan Tahun

Pelajaran 2022/2023 (Penelitian pada siswa kelas VII, VIII, SMP Swasta Karya

Bhakti). Dini Konsep Dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi, I., Damanik, D., Purba, E., Ruswandi, W., Febrian, W. D., Putra, I. G. C., &

Yuliastuti, I. A. N. (2022). Metodologi Penelitian Manajemen. Global Eksekutif

Teknolog