PERBEDAAN SIKAP DAN ORIENTASI GENDER TERHADAP PENGGUNAAN SKINCARE
Article Sidebar
Download : 300
Main Article Content
Abstract
Di zaman ini perawatan kulit sangat diperhatikan bagi sebagian besar kalangan mulai dari
remaja hingga dewasa, perbedaan sikap yang timbul terhadap penggunaan skincare ini muncul
dari adanya perbedaan persepsi antar gender atau jenis kelamin terhadap manfaat dari
penggunaan produk skincare. Manfaat dari perawatan kulit yang dilakukan ialah
mempertahankan kondisi kulit dari kerutan, keriput, dan noda-noda pada kulit,
mempertahankan proses peremajaan kulit, memperbaiki tekstur kulit, mengobati peradangan
yang terjadi pada kulit baik normal maupun sensitif. Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang
perbedaan sikap dan orientasi gender terhadap penggunaan skincare dengan metode survei.
Melalui survei yang melibatkan 5 orang mahasiswa perempuan dan 5 orang mahasiswa laki -
laki yang memiliki persepsi berbeda terhadap manfaat penggunaan skincare, survei ini
dilakukan dengan cara wawancara langsung. Dari survei tersebut ditemukan bahwa
perempuan lebih memilih menggunakan skincare untuk menjaga kesehatan kulit dan
mengobati kulit wajah yang sensitif, sedangkan laki-laki memilih untuk tidak menggunakan
skincare karena memiliki kulit wajah cenderung lebih normal dan adapun alasan lainnya adalah
biaya yang dikeluarkan lebih banyak. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perempuan
memiliki kulit normal cenderung sensitif yang mempengaruhi keputusan untuk menggunakan
skincare lebih tinggi di bandingkan dengan pria yang memiliki kulit baik cenderung normal,
sehingga sebagian laki-laki memilih untuk tidak menggunkan skincare.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anisafirli, R and Lusia, A. 2023. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan
Pembelian Produk di Seira Skincare, SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, 2(4).
Dewi, F.R et al. 2023. Implementasi Fuzzy Tsukamoto dan Algoritma Genetika pada
Pemilihan Skincare, Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, 5(2), 95-
Hilmi, I.L et al. 2022. Hubungan Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Pemilihan
Skincare Wajah melalui Media Sosial pada Salah Satu Universitas di Karawang
Jawa Barat, Jurnal Farmasi Indonesia, 19(2).
Rahayu, S et al. Pengaruh Lifestyle, Product Innovation dan Brand Image Terhadap
Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Skincare Wardah di Kota
Pekanbaru, Jurnal Multidisiplin Teknologi dan Arsitektur, 1(2).
Syauki, W.R and Avina, D. A. A. 2020. Persepsi dan Preferensi Penggunaan Skincare
pada Perempuan Milenial dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran, Jurnal
Manajemen Komunikasi, 4(20), 42-60.
Utami, A.T and Ellyawati, E. 2021. Peran Citra Merek, Celebrity Endorser, Kualitas
Produk dalam Keputusan Pembelian, Jurnal Ilmian Manajemen dan Bisnis,
(1), 140-150.