Gerak dan Lagu dalam Meningkatkan Perkembangan Dasar Anak Usia Dini

Main Article Content

Ni Komang Theda Febrina Subagia
Ni Made Ayu Suryaningsih
Elizabeth Prima

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan pemaparan mengenai gerak dan lagu dalam meningkatkan perkembangan dasar anak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) melalui aktivitas pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai sumber literatur yang berhubungan dengan pembahasan gerak dan lagu dalam meningkatkan perkembangan dasar anak usia dini. Berdasarkan kajian pustaka melalui beragai literatur dan penelitian-penelitian sebelumnya yang mengkaji hal serupa dinyatakan bahwa gerak dan lagu merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan perkembangan dasar pada anak usia dini yang meliputi perkembangan moral dan agama, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional dan seni. Aktivitas gerak dan lagu akan melibatkan anak secara aktif untuk mendengarkan, menyimak lagu selanjutnya melakukan berbagai gerakan kreatif yang mempresentasikan isi dari lagu tersebut. Sehingga melalui aktivitas gerak dan lagu semua aspek perkembangan dasar anak akan diasah dan dikembangkan secara bersamaan dalam satu kegiatan pembelajaran yang berarti dan menyenangkan.

Article Details

How to Cite
Ni Komang Theda Febrina Subagia, Ni Made Ayu Suryaningsih, & Elizabeth Prima. (2024). Gerak dan Lagu dalam Meningkatkan Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2840
Section
Articles

References

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Alimuddin, Johar. 2015. “Lagu Anak Sebagai Salah Satu Sarana Mendidik Anak.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar II (2): 108–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/pendas.2.2.108-116.

Dorlina, Nurhenti, Kartika Rinakit, Dewi Komalasari, and Resi Rosalianisa. 2022. “Pelatihan Bernyanyi Bagi Pendidik Pos PAUD Terpaadu Se-Kota Surabaya.” Transformasi Dan Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (1): 43–52.

Fitri, Yolanda Mustika, and Nurhafizah Nurhafizah. 2023. “Analisis Metode Gerak Dan Lagu Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (3): 2987–98. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3350.

Karlina, Lilis, Munzir, and Fitriani. 2023. “Efektivitas Kegiatan Gerak Dan Lagu Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan 4 (1): 1–11. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/958.

Khaironi, Mulianah. 2018. “Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age Hamzanwadi University 3 (1): 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739.

Nurhayati;, Anita;, Rahayu Astuti, Dewi Trisnawati, Riskiya Maisaroh, Feby; Risky, Fira Fahlefi, et al. 2023. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Edited by Bila Nurfadillah. 1st ed. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Paspiani, Ni Kadek Nelly. 2015. “Kegiatan Latihan Gerak Dan Lagu (Jeruk Bali) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 4 (1): 538–43. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12340.

Taib, Bahran, Rita Samad, Winda Oktaviani, and Meisar Irham. 2022. “Implementasi Seni Gerak Dan Lagu Dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Kemala Bhayangkari.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 4 (2): 1–14. https://doi.org/10.33387/cp.v4i2.5337.

Yulianto, Nurjannah, and Muhammad Zaairul Haq. 2018. “Pengembangan Kreativitas Melalui Musik Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Di TK ABA Pringwulung Sleman Yogyakarta.” Al Athfal 1 (2): 112–34.

Yusnita, Novi Cynthia, and Muqowim. 2020. “Pendekatan Student Centered Learning Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Dan Mandiri Anak Di TK Annur II.” Jurnal Ilmiah Potensia 5 (2): 116–26.