IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PjBl UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI ENERGI BARU TERBARUKAN
Article Sidebar
Download : 84
Main Article Content
Abstract
Dalam menerapkan model pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi dengan
Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) perlu disiapkan komponen
pendukung bahan ajar yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek. Kontribusi mendasar dari penelitian ini,
yakni meningkatkan aktivitas pembelajaran mahasiswa, belajar menemukan melalui referensi,
mengulas artikel ilmiah, mampu bekerjasama, dan meningkatkan kognitif mahasiswa. Melalui
penelitian ini juga diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa
melalui penemuan mandiri, serta mampu menyusun hasil temuan menjadi bahan ajar. Melatih
soft skill pada pembuatan energi baru terbarukan yaitu briket dari kulit pinang. Pemilihan kulit
pinang ini dikarenakan di kabupaten Tanjung Jabung Timur banyak limbah kulit pinang yang
tak termanfaatkan. Instrumen yang digunakan pada penelitian, yakni berupa lembar
observasi, wawancara dan lembar kerja mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sesuai tujuan penelitian ini, diantaranya:
Pembelajaran berbasis proyek memberikan nilai yang baik mata kuliah Teknologi Energi Baru
Terbarukan di Program Studi DIII Kimia Industri yang ditunjukkan dengan nilai persentase
dalam kategori baik, yakni 77,97; 75,74; 71,25; 78,98; 73,45; 79,21%; perangkat
pembelajaran Teknologi Energi Baru Terbarukan yang dikembangkan sudah sesuai untuk
diterapkan pada pembelajaran berbasis proyek; pengembangan perangkat pembelajaran
Teknologi Energi Baru Terbarukan berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir
mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan hasil pencapaian sains, teknologi, rekayasa dan
matematika yang sangat mendukung proyek ini
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abidin, Y. 2014. Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Refika Aditama: Bandung.
Abidin, E. N., & Hariyono, E. 2020. Ecopreneurship-Oriented Project-Based Learning (PBL): An Approach to Enhance Students’ Problem-Solving Skill. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1491/1/012025
Arif Khaerudin, S., Diah Nugraheni, D., & Septiana Sari, D. (2020). Pengaruh Media Berbasis Adobe Flash terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Tata Surya. http://mass.iainjember.ac.id
Astuti, I. D., Toto T., & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(2), 83-98.
Al-Tabany, T. I. B. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembalajaran, Rineka Cipta: Jakarta Educational Technology Division Ministry of Education, Malaysia. Project-Based
Learning Handbook, "Educating the Millennial Learner". http://fliphtml5.com/ygry/apzb/basic, diakses 17 Juni 2021.
Fathurrohman, M. 2016. Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.
Jauhariyyah, F. R., Suwono, H., & Ibrohim. 2017. Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains. In Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM. 2, pp. 432–436). http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ipa2017/article/view/1099/767
Karimah, M., Dafik, Tirta, I. M., Wangguway, Y., & Jabbar, Z. L. A. 2020. The analysis of the implementation of project based learning and its influence to the student deductive reasoning based on cognitive style on solving super edge local antimagic total labelling. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012095
Kusmartono, B. ., Situmorang, A. ., & Yuniwati, M. (2021). Pembuatan Briket Dari Tempurung Kelapa (Cocos Nucivera) Dan Tepung Terigu. Jurnal Teknologi, 14(2), 142–149. https://doi.org/10.34151/jurtek.v14i2.3770
Maulana, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika Siapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, (2), 39–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.678
Mulyatiningsih, E. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Rusdi, M (2020). Penelitian Perlakuan Kependidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Rustaman, N. 2003. Strategi belajar mengajar biologi, Universitas Negeri Mallang: Malang
Permanasari, Anna. “STEM education: Inovasi dalam pembelajaran sains.” Dalam Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3:23–34, 2016.
Rosnawati, R. (2012). Berpikir kritis melalui pembelajaran matematika untuk mendukung pembentukan karakter siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.
Semiawan. C. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Gramedia : Jakarta Sani,
Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi aksara
Septantiningtyas, N., M. R. L. Hakim, N. Rosmila. 2020. Konsep dasar Sains 1. Klaten: Penerbit Lakeisha
Sholahuddin, A., Hayati, N., Iriani, R., Saadi, P., & Susilowati, E. 2021. Project- based learning on ethnoscience setting to improve students’ scientific literacy. AIP Conference Proceedings, 2330(March). https://doi.org/10.1063/5.0043571
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual.Jakarta: Pramedia Group.
Windasari, N. Yamtinah, S. & Susanti, E. 2020. Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi STEAM (PjBL-STEAM) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Asam dan Basa Kelas XI di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Kimia, 9, pp. 49-57 Wijayati, N. 2017. Application of Project Based Learning (PBL) Model for Materialsof Salt Hydrolysis to Encourage Students’ Entrepreneurship Behaviour. International Journal of Active Learning, 2(1), 50–58. https://doi.org/10.15294/ijal.v2i1.10603
Yafie, E dan I.W Sutama. 2019. Pengembangan Kognitif (Sains pada Anak Usia Dini). Malang: Universitas Negeri Malang.
Zeidan, A. H., & Jayosi, M. R. 2015. Science Process Skills and Attitudes toward Science among Palestinian Secondary School Students. World Journal of Education, 5(1), 13—24. DOI: https://doi.org/10.5430/wje.v5n1p13.