Penggunaan PjBL Terintegrasi STEM dan Field Study di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Kota Jambi Dalam Pembelajaran QC dan QA

Main Article Content

Dhian Eka Wijaya
Edwin Permana
Faizar Farid

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengekplorasi dan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang terintegrasi dengan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dan studi lapangan dalam pembelajaran Quality Control (QC) dan Quality Assurance (QA) di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan siswa dalam proyek berbasis industri di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Mahasiswa diberikan tantangan untuk menerapkan konsep dasar kontrol kualitas dan jaminan kualitas yang mereka pelajari dalam kelas. Penerapan STEM memberikan ruang ekstra dengan mengintegrasikan ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika dalam meningkatkan kognitif, afektif, dan psikomotorik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara, dan lembar kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PjBL terintegrasi STEM dan Field Study secara signifikan meningkatkan motivasi dan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran. Hasil pembelajaran berbasis proyek memberikan nilai yang baik untuk mata kuliah QA dan QC di Program Studi DIII Analis Kimia, dengan persentase kategori baik, yaitu 78,43; 76,94; 73.68; 81,04; 79,18; dan 76,81%. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan untuk mata kuliah ini sudah siap untuk digunakan dalam pembelajaran berikutnya. Penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi pada pengembangan metode pengajaran yang inovatif dan relevan dengan tuntutan industri, sambil memperkuat hubungan antara dunia pendidikan tinggi dan sektor industri dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan persiapan karir mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Dhian Eka Wijaya, Edwin Permana, & Faizar Farid. (2024). Penggunaan PjBL Terintegrasi STEM dan Field Study di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Kota Jambi Dalam Pembelajaran QC dan QA. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2844
Section
Articles

References

Astuti, I. D., Toto, Yulisma, L. 2019. Model PjBL terintegrasi STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi. Vol 11. No. 2.

Binkley, M., Erstad, O., Raizen, S., Ripley, M., Miller-Ricci, M., Rumble, M. 2012. Defining twenty-first century skills. Dalam Griffin, Mcgaw, Care (penyunt), Assesment and Teaching of 21st century skills. Hal.13-36. Dordrecht: Springer.

Maulana. 2020. Penerapan model based learning berbasis STEM pada pembelajaran Fisika siapkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal Teknodik. Vol. 24 No. 1

Meltzer, David, E. 2002. The Reactionship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A possible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Scores. Am. J. Phys., 1259-1268.

Ngatijo, Bemis, R., Puspitasari, R. D. 2022. Penggunaan PjBL terintegrasi STEAM dan life skill Mahasiswa dalam Pembelajaran Kimia Anorganik. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry. Vol. 14 No. 1.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmawijaya, Y., Suhendar dan Juhanda, A., 2020. Pengaruh model pembelajaran STEM-PjBL terhadap kemampuan berfikir kreatif pada materi pencemaran lingkungan, Jurnal BioEduin, Vol. 9 No. 9.Sulastini, Wahira, Alam, K. 2022. Meningkatkan Minat Belajar Melalui Metode Project Based Learning Dengan Media Loosepart. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran. Vol. 2: 31-36.

Triastuti, E. 2020. Model pembelajaran STEM-PjBL pada pembuatan Ice Cream melatih ketrampilan berfikir kreatif dan wirausaha. Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol. 5 No. 2.

Warsito, Maryani, I., dan Purwanto, 2020. Penerapan model PjBL dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan aktivitasdan hasil belajar, Prosiding Pendidikan Profesi Guru, FKIP-Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.