EFEKTIVITAS METODE STORYTELLING BERBASIS SATUA BALI MENGGUNAKAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN SELF RESPONSIBILITY ANAK USIA DINI

Main Article Content

Arlina Laia
Ni Made Esy Santi Wulandari
Febertina Dakhi
Rita Pawija
Putu Indah Lestari

Abstract

Tantangan pada dunia pendidikan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 adalah penanaman nilai-nilai karakter yang perlu dikembangkan. Salah satu nilai karakter dalam pendidikan yaitu karakter self responsibility. Menstimulasi dan meningkatkan sikap self responsibility anak usia dini dapat dimulai dengan menggunakan metode storytelling dengan memperkenalkan dalam bentuk visual. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yakni Quasi Experimental Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa Kelompok B PAUD Saraswati IV Denpasar yang terdiri dari 1 kelas kontrol (35 siswa) dan 1 kelas eksperimen (37 siswa). Hasil analisis diperoleh rata-rata kemampuan self responsibility di kelas kontrol sebesar 71,14 sedangkan di kelas ekperimen sebesar 80,54, hasil analisis Anova 1 jalur dengan bantuan SPSS diperoleh nilai F sebesar 20,293 dengan signifikansi 0,000. Hasil Anova, sig <0,05 ini berarti tolak Ho. Ini berarti pembelajaran dengan menggunakan storytelling berbasis satua Bali berpengaruh positif terhadap kemampuan self responsibility anak usia dini.

Article Details

How to Cite
Arlina Laia, Ni Made Esy Santi Wulandari, Febertina Dakhi, Rita Pawija, & Putu Indah Lestari. (2024). EFEKTIVITAS METODE STORYTELLING BERBASIS SATUA BALI MENGGUNAKAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN SELF RESPONSIBILITY ANAK USIA DINI. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2846
Section
Articles

References

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Penerbit Andi.

Dharma, W. W. 2020. Pendidikan Karakter Melalui Satua Bali. Subasita: Jurnal Sastra Agama Dan Bahasa Bali, 1(2).

Hamidah, M. 2017. Meningkatkan Nilai - Nilai Karakter Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(1), 21–37.

Hidayati, N. N. 2019. Storytelling: One Package Learning in Improving Language Skill and Implanting Character Education on Children. Edukasi, 7(2). http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Khotimah, S., Kustiono, K., & Ahmadi, F. 2021. Pengaruh Storytelling Berbantu Media Audio Terhadap Kemampuan Menyimak dan Berbicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2020–2029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1813

Laia, A., Made, N., Puspa, L., Kadek, N., Susanti, S., Nalle, H. M., Sarumaha, J. B., & Lestari, P. I. 2022. Pengembangan Pop Up Sound Book Cerita Fabel Jali Si Jalak Bali. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 477–482.

Lestari, P.I & Prima, E. 2023. Pengaruh Metode Storytelling Berbasis Kearifan Lokal Bali terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1295–1301. https://doi.org/ 10.31004/obsesi.v7i2.3012

Lisenbee, P. S., & Ford, C. M. 2018. Engaging Students in Traditional and Digital Storytelling to Make Connections Between Pedagogy and Children’s Experiences. Early Childhood Education Journal, 46(1), 129–139. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0846-x

Margunayasa, I. G., & Riastini, P. N. 2021. Pembelajaran Berbasis Nilai Karakter dalam Satua Bali. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 2(1). https://doi.org/10.37216/aura.v2i1.460

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1475

Palmer, B. C., Harshbarger, S. J., & Koch, C. A. (2001). Storytelling as a Constructivist Model for Developing Language and Literacy. Journal of Poetry Therapy, 14(2), 199–212.

Payuyu, K., Isa, A. H., & Djibu, R. 2021. The Implementation of Storytelling Method in Improving the Ability To Speak Early Childhood in Tolangohula State Kindergarten. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology, 7(07), 1–7. https://repo.ijiert.org/index.php/ijiert/article/view/263

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M 2021. Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 tahun. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. http://dx.doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Saadati, B. A., & Sadli, M. 2019. Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Safitri, N. N. 2014. Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Tunarungu Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(1).

Salsabila, J., & Nurmaniah, N. 2021. Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. Jurnal Golden Age, 5(01), 111–118. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3334

Salsabila, U. H., Wati, R. R., Masturoh, S., & Rohmah, A. N. 2021. Peran Teknologi Pendidikan Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 127–137.

Setyawan, D., Usada. dan Mahfud, H. 2014. Penerapan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Surakarta. FKIP Universitas Sebelas Maret.Suastika, I. N., Arta, K. S., & Widiastini, N. M. A. 2019. Folklore and Social Science Learning Model in Elementary School in Bali. Jurnal Kawistara, 9(2), 150. https://doi.org/10.22146/kawistara.39797

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Alfabeta.

Sukarno, M. 2020. Penguatan Pendidikan Karakter dalam Era Masyarakat 5.0. In F. P. UMBY (Ed.), Prosiding Seminar Nasional 2020 (Vol. 1, Issue 3, pp. 32–37). https://ejurnal.mercubuanayogya.ac.id/index.php/ProsidingPsikologi/article/view/1353/771

Sukmawarti, E. 2021. Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 110–122. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321

Suryandewi, N. W. R., & Suniasih, N. W. 2022. Buku Cerita Bergambar Dwibahasa Bali-Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pembelajaran Bahasa Bali Materi Satua Bali Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 84–93. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44585

Syafitri, R. 2017. Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Strategi Giving Questions and Getting Answers Pada Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12623

Utomo, H., Tanziha, I., Arifin, J., & Noegroho, S. 2021. Profil Anak Indonesia. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. 2021. Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779.