ANALISIS PEMENUHAN SARANA DAN PRASARANA, SERTA IMPLEMENTASI STANDAR ISI DI PAUD PELITA KASIH

Main Article Content

Novenda Putri Ayuni
Arlina Laia
Nopetina Lase
Ni Made Ayu Suryaningsih

Abstract

PAUD memegang peran penting sebagai tahap awal dalam mempersiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar melalui pemberian rangsangan dalam menstimulus berbagai aspek perkembangan anak. Upaya yang dapat dilakukan dalam memenuhi segala kebutuhan tersebut yaitu dengan menerapkan standar nasional pendidikan yang salah satunya adalah pemenuhan sarana dan prasarana serta implementasi standar isi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sarana dan prasarana di PAUD Pelita Kasih sudah terpenuhi atau belum serta untuk mengetahui implementasi pelaksanaan standar isi yang telah dilakukan di PAUD Pelita Kasih. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru-guru dan anak-anak PAUD Pelita Kasih. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian akan dievaluasi menggunakan CIPP (Context, input, process, product). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil standar sarana dan prasarana sebesar 95, 83 termasuk dalam kualifikasi A (Sangat baik). Selain itu, standar isi yang dianalisis dalam penelitian ini memperoleh skor 100. Hal ini menunjukan standar isi termasuk dalam kualifikasi A (Sangat baik). Ini berarti PAUD Pelita Kasih sudah memenuhi sarana dan prasarana dengan baik serta telah mengimplementasikan standar isi yang memuat kurikulum sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Article Details

How to Cite
Novenda Putri Ayuni, Arlina Laia, Nopetina Lase, & Ni Made Ayu Suryaningsih. (2024). ANALISIS PEMENUHAN SARANA DAN PRASARANA, SERTA IMPLEMENTASI STANDAR ISI DI PAUD PELITA KASIH. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2850
Section
Articles

References

Alfansyur, A., & Mariyani. 2020. Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi

Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS:

Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–

Airin Setyarini, Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RKH dalam Pembelajaran BCCT. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. IV No. 2 (Desember 2015),

Asiah, S. N. 2018. Analisis Manajemen PAUD Berbasis Standar Akreditasi PAUD dan PNF di Kutai Kartanegara. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 6(1), 51–64. https://doi.org/10.21093/sy.v6i1.1325

Ariyono. 2018. Perancangan dan Implementasi Lemari Penyimpanan Alat Permainan Edukatif di TK Indriyasana, Babadan, Wedormatani, Sleman DIY. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2018), h. 73.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014

Eisabeth Sarinastitin, Pelatihan Seni Melipat Origami bagi Guru PAUD Mekar Madya di Desa Momol Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal Pengabdian Masayarakat, Vol. 1 No. 1 (Juli 2018), h. 52.

Erni Munastiwi, Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (November 2018), h. 374.

Farida Yusuf, Aries Susanti, Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2018)

Florentina Melani, Sriti Mayang Sari, Penerapan Standar Fasilitas Ruang Belajar pada Taman Kanak-kanak Katolik Santa Clara Surabaya, Jurnal Intra Vol. 3 No. 2 (2015),

Frinza, Meidiana, Intregasi Kewirausahaan Melalui Pendirian Lembaga PAUD Sebagai Salah Satu Pengabdian Kepada Masyarakat. Seminar Nasional Pendidikan (Mei 2019), h. 265.

Helwig, D. (n.d.). KOMPARASI PERMENDIKBUD NOMOR 137 TAHUN 2014 DENGAN PERMENDIKNAS NOMOR 58 TAHUN 2009 DALAM PEMBELAJARAN PAUD.

Iraswati, Pengelolaan Ruang Kelas Penddiikan Anak Usia Dini pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak. Jurnal Serambi Ilmu Vol. 29. No. 2 (September 2017), h. 122.

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370

Permendikbudristek nomor 22 Tahun 2023 "Tentang Standar Sarana dan Prasarana pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah."

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Journal.Uny.Ac.Id, 02.

Rohmah, N., & Fatimah, D. F. (2017). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 247–273. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-05Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192–209. https://core.ac.uk/download/pdf/228822655.pdf

Yanti, H., & Syahrani. (2021). Standar Bagi Pendidik dalam Standar Pendidikan Nasional. Adiba Journal Of Education, 1(1), 61–68.