PERAN PENGGUNAAN VHP (VISUAL HOTEL PROGRAM) TERHADAP SISTEM PEMBAYARAN UTANG PADA GOLDEN TULIP JINENG RESORT BALI

Main Article Content

Helenika Avelina Nona Lehan
Made Yessi Puspitha

Abstract

VHP (Visual Hotel Program) berperan sebagai sistem yang membantu pengelolaan
operasional hotel. Sistem ini memberikan rincian informasi terkait penerimaan kas dan
pengeluaran kas serta mencatat semua kegiatan yang terhubung dengan hotel. Laporan ini
bertujuan untuk mengetahui peran VHP (Visual Hotel Program) dalam menghasilkan suatu
informasi akuntansi yaitu informasi terkait pembayaran utang Hotel Golden Tulip Jineng Resort
Bali. Penelitian menggunakan pendekatan analisis kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil kegiatan Praktek Kerja
Lapangan menunjukkan bahwa VHP (Visual Hotel Program) dapat mendukung sistem
pembayaran utang Hotel Golden Tulip Jineng Resort Bali. VHP (Visual Hotel Program)
memberikan informasi utang hotel yang akan dibayarkan oleh hotel berupa data yang akurat
terkait jumlah beban yang akan di bayarkan hotel setiap bulan. Dari data tersebut membantu
perusahaan dalam menentukan sistem pembayaran yang tepat sehingga tidak merugikan
perusahaan. Oleh karena itu, VHP (Visual Hotel Programs) dapat membantu dalam mengambil
keputusan pembayaran terbaik bagi perusahaan sehingga menciptakan cash flow yang sehat
bagi perusahaan. Efektivitas pengelolaan pembayaran utang dapat meningkatkan cashflow
dan pengelolaan utang secara keseluruhan bagi Hotel Golden Tulip Jineng Resort Bali.

Article Details

How to Cite
Helenika Avelina Nona Lehan, & Made Yessi Puspitha. (2024). PERAN PENGGUNAAN VHP (VISUAL HOTEL PROGRAM) TERHADAP SISTEM PEMBAYARAN UTANG PADA GOLDEN TULIP JINENG RESORT BALI. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2875
Section
Articles

References

Adistira, Rita. 2021. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kamar dan

Penerimaan Kas pada Fave Hotel Palembang. Palembang:

UniversitasTridinanti Palembang.

Egnes dkk. (2023). Penerapan Sistem VHP (Visual Hotel Program) Pada Hotel Aston

Batam & Residences. SEIKO: Journal of Management & Business, Vol.6 Issue

, 468-482.

Nur dan Fadili. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan

Pelanggan Travellers Hotel Jakarta. Karawang: Universitas Singaperbangsa

Karawang.

Ridany, Andini. 2020. Penggunaan Visual Hotel Program untuk Mendukung Kegiatan

Operasional di Departemen Sales & Marketing Hotel Grand Darmo Suite

Surabaya. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Romney dan Steinbart. (2018). Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information

Systems (Edisi 14), Pearson.

Suhartadi, Dkk. 2016. Stres Kerja Dan Motivasi Karyawan lini Depan Serta

Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja: Kajian Empiris Pada Beberapa

Perusahaan Jasa Sub Sektor Industri Kreatif. Jember. Fakultas Bisnis &

Manajemen Universitas Widyatama–Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas

Jember.Suradi. 2019. Akuntansi Pengantar 1. Yogyakarta: Gava Media