PERAN PENGGUNAAN VHP (VISUAL HOTEL PROGRAM) TERHADAP SISTEM PEMBAYARAN UTANG PADA GOLDEN TULIP JINENG RESORT BALI
Article Sidebar
Download : 270
Main Article Content
Abstract
VHP (Visual Hotel Program) berperan sebagai sistem yang membantu pengelolaan
operasional hotel. Sistem ini memberikan rincian informasi terkait penerimaan kas dan
pengeluaran kas serta mencatat semua kegiatan yang terhubung dengan hotel. Laporan ini
bertujuan untuk mengetahui peran VHP (Visual Hotel Program) dalam menghasilkan suatu
informasi akuntansi yaitu informasi terkait pembayaran utang Hotel Golden Tulip Jineng Resort
Bali. Penelitian menggunakan pendekatan analisis kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil kegiatan Praktek Kerja
Lapangan menunjukkan bahwa VHP (Visual Hotel Program) dapat mendukung sistem
pembayaran utang Hotel Golden Tulip Jineng Resort Bali. VHP (Visual Hotel Program)
memberikan informasi utang hotel yang akan dibayarkan oleh hotel berupa data yang akurat
terkait jumlah beban yang akan di bayarkan hotel setiap bulan. Dari data tersebut membantu
perusahaan dalam menentukan sistem pembayaran yang tepat sehingga tidak merugikan
perusahaan. Oleh karena itu, VHP (Visual Hotel Programs) dapat membantu dalam mengambil
keputusan pembayaran terbaik bagi perusahaan sehingga menciptakan cash flow yang sehat
bagi perusahaan. Efektivitas pengelolaan pembayaran utang dapat meningkatkan cashflow
dan pengelolaan utang secara keseluruhan bagi Hotel Golden Tulip Jineng Resort Bali.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adistira, Rita. 2021. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kamar dan
Penerimaan Kas pada Fave Hotel Palembang. Palembang:
UniversitasTridinanti Palembang.
Egnes dkk. (2023). Penerapan Sistem VHP (Visual Hotel Program) Pada Hotel Aston
Batam & Residences. SEIKO: Journal of Management & Business, Vol.6 Issue
, 468-482.
Nur dan Fadili. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan
Pelanggan Travellers Hotel Jakarta. Karawang: Universitas Singaperbangsa
Karawang.
Ridany, Andini. 2020. Penggunaan Visual Hotel Program untuk Mendukung Kegiatan
Operasional di Departemen Sales & Marketing Hotel Grand Darmo Suite
Surabaya. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
Romney dan Steinbart. (2018). Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information
Systems (Edisi 14), Pearson.
Suhartadi, Dkk. 2016. Stres Kerja Dan Motivasi Karyawan lini Depan Serta
Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja: Kajian Empiris Pada Beberapa
Perusahaan Jasa Sub Sektor Industri Kreatif. Jember. Fakultas Bisnis &
Manajemen Universitas Widyatama–Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Jember.Suradi. 2019. Akuntansi Pengantar 1. Yogyakarta: Gava Media