MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMBELI KENDARAAN BERMOTOR PADA GENERASI MILENIAL Y DAN GENERASI Z

Main Article Content

I Putu Rama Kurniawan Suyasa
Putri Angelina Carera
Daniel Tri Anugraha
Ni Putu Dyah Krismawintari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi konsumen dalam membeli
kendaraan bermotor pada generasi milenial dan generasi Z. Penelitianini dilakukan dengan
melakukan wawancara kepada 10 narasumber yang terdiri dari 5 laki-laki, dan 5 perempuan
dengan dua generasi yang berbeda. Data-data dalam laporan diperoleh dari hasil wawancara
dan observasi yang berhubungan dengan objek penelitian. Untuk hasil wawancara dengan
pertanyaan pertama, ini menunjukkan generasi Milenial, baik laki-laki maupun Perempuan
menjawab dapat meringankan pekerjaan dan aktivitas – aktivitas dalam keluarga, dan untuk
generasi Z ketertarikan membeli motor dikarenakan menghindari macet dan kendaraan
bermotor lebih simple. Hasil pertanyaan kedua menunjukkan Generasi Milenial, rata-rata dari
generasi milenial menjawab Yamaha atau Honda dikarenakan referensi dari lingkungan sekitar
yang menginformasikan merek tersebut irit bahan bakar, dan Generasi Z, jika dilihat jawaban
generasi Z lebih beragam. Ada yang tertarik pada kendaraan bermotor matic, sport ataupun
tidak memiliki ketertarikan khusus. Selanjutnya pertanyaan terkahir menunjukkan hasil
wawancara dari masing-masing generasi, baik Gen Milenial atau Gen Z bisa dikatakan lumayan
mirip, yaitu sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan dengan kendaraan
bermotor sangat efisien dalam jangka waktu, dan kemudahan menggunakan kendaraan
bermotor.

Article Details

How to Cite
I Putu Rama Kurniawan Suyasa, Putri Angelina Carera, Daniel Tri Anugraha, & Ni Putu Dyah Krismawintari. (2024). MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMBELI KENDARAAN BERMOTOR PADA GENERASI MILENIAL Y DAN GENERASI Z. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2881
Section
Articles

References

Adonis dan Silintoe, 2021, Desain Produk, Kualitas produk, Citra Merek dan Harga

Produk terhadap keputusan pembelian generasi Y.Jurnal Capital Kebijakan

ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Hal 118-138

Aprilia Nanda, D. 2018. Membandingkan spesifikasi PCX terbaru dan Nmax

Nurhalim, 2022. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada generasi

dan generasi milenial di Indonesia terhadap Zaman. Jurnal Bina manajemen. Vol 10

No.2, Hal 26-41