MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMBELI KENDARAAN BERMOTOR PADA GENERASI MILENIAL Y DAN GENERASI Z
Article Sidebar
Download : 29
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi konsumen dalam membeli
kendaraan bermotor pada generasi milenial dan generasi Z. Penelitianini dilakukan dengan
melakukan wawancara kepada 10 narasumber yang terdiri dari 5 laki-laki, dan 5 perempuan
dengan dua generasi yang berbeda. Data-data dalam laporan diperoleh dari hasil wawancara
dan observasi yang berhubungan dengan objek penelitian. Untuk hasil wawancara dengan
pertanyaan pertama, ini menunjukkan generasi Milenial, baik laki-laki maupun Perempuan
menjawab dapat meringankan pekerjaan dan aktivitas – aktivitas dalam keluarga, dan untuk
generasi Z ketertarikan membeli motor dikarenakan menghindari macet dan kendaraan
bermotor lebih simple. Hasil pertanyaan kedua menunjukkan Generasi Milenial, rata-rata dari
generasi milenial menjawab Yamaha atau Honda dikarenakan referensi dari lingkungan sekitar
yang menginformasikan merek tersebut irit bahan bakar, dan Generasi Z, jika dilihat jawaban
generasi Z lebih beragam. Ada yang tertarik pada kendaraan bermotor matic, sport ataupun
tidak memiliki ketertarikan khusus. Selanjutnya pertanyaan terkahir menunjukkan hasil
wawancara dari masing-masing generasi, baik Gen Milenial atau Gen Z bisa dikatakan lumayan
mirip, yaitu sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan dengan kendaraan
bermotor sangat efisien dalam jangka waktu, dan kemudahan menggunakan kendaraan
bermotor.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adonis dan Silintoe, 2021, Desain Produk, Kualitas produk, Citra Merek dan Harga
Produk terhadap keputusan pembelian generasi Y.Jurnal Capital Kebijakan
ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Hal 118-138
Aprilia Nanda, D. 2018. Membandingkan spesifikasi PCX terbaru dan Nmax
Nurhalim, 2022. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada generasi
dan generasi milenial di Indonesia terhadap Zaman. Jurnal Bina manajemen. Vol 10
No.2, Hal 26-41