ANALISIS BIBLIOMETRIK DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN VOSVIEWER YANG TERINDEKS GOOGLE SCHOLAR
Article Sidebar
Download : 104
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis bibliometrik terhadap data bibliografi
artikel-artikel penelitian tentang model pembelajaran problem-posing yang terindeks Google
Scholar dengan menggabungkan analisis dari segi sebaran peta bibliometrik dengan
Vosviewer. Selain Vosviewer, analisis ini juga menggunakan software Publish or Perish (PoP)
untuk mendapatkan jurnal-jurnal penelitian terdahulu. Problem posing merupakan metode
pembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik berpikir kritis dengan cara
memancing siswa agar menemukan masalah berlandaskan subjek yang diberikan sehingga
menantang dan memotivasi siswa untuk menyelesaikannya. Model pembelajaran problem
posing pertama kali dikembangkan oleh ahli pendidikan asal Brazil, Paulo Freire, pada tahun
1970 yang dituangkan dalam buku Pedagogy of the Oppressed. Sebagai sebuah strategi
pembelajaran, problem-posing melibatkan tiga keterampilan dasar: mendengarkan, berdialog,
dan bertindak. Data didapatkan dari google scholar yang diperoleh melalui software PoP.
Proses penyaringan data juga dilakukan berdasarkan kata kunci "problem-posing" yang
terdapat pada topik, judul, kata kunci, dan abstrak. Pencarian dilakukan pada artikel yang
terbit dalam 10 tahun terakhir yaitu rentang 2014-2023, dengan dua kali pencarian pada
rentang 2014-2018 dan 2019-2023 karena masih sedikitnya penelitian sehingga diperoleh
1965 artikel (978 artikel pada 2014-2018 dan 987 artikel pada 2019-2023). Hasil penelitian
menunjukkan penurunan selama 10 tahun terakhir, pada tahun 2014 terdapat 224 menjadi
10 artikel pada tahun 2023. penelitian yang paling banyak diteliti terkait problem posing adalah
'model’, dan sedikit yang menghasilkan kata kunci ‘critical pedagogy’. Hasil penelitian tersebut
diperoleh berdasarkan hasil analisis pemetaan menggunakan VOSviewer. Ulasan ini tentunya
diharapkan dapat menjadi bahan referensi dan pertimbangan dalam penelusuran penelitian
selanjutnya, khususnya penelitian yang berkaitan dengan problem posing
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahyan, S., Turmudi, T., & Juandi, D. (2021). Bibliometric analysis of research on
mathematical literacy in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series,
(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012120
Effendi, D. N., Irwandani, Anggraini, W., Jatmiko, A., Rahmayanti, H., Ichsan, I. Z.,
& Rahman, M. M. (2021). Bibliometric analysis of scientific literacy using VOS
viewer: Analysis of science education. Journal of Physics: Conference Series,
(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012096
Effendy, F., Gaffar, V., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. (2021). Analisis Bibliometrik
Perkembangan Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer.
Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan
Komunikasi, 16(1), 10–17. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.83
Ellegaard, O., & Wallin, J. A. (2015). The bibliometric analysis of scholarly production:
How great is the impact? Scientometrics, 105(3), 1809–1831.
https://doi.org/10.1007/s11192-015-1645-z
Firdayanti, S. R., Artharina, F. P., & Purnamasari, V. (2019). Keefektifan Model
Pembelajaran Problem Posing Terhadap Pemecahan Masalah Matematika.
Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 57–62.
https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20710
Khoirunissa, N. R., & Winoto, Y. (2022). Pemetaan penelitian pemasaran
perpustakaan di google scholar menggunakan vosviewer. Pustaka Karya : Jurnal
Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 10(1), 15.
https://doi.org/10.18592/pk.v10i1.5990
Mukti, A. A. B., & Soedjoko, E. (2021). Kemampuan Siswa pada Aspek Berpikir Kreatif
Ditinjau dari Gaya Belajar Melalui Pembelajaran Problem Posing Berbasis OpenEnded Problem. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional, 4, 26–36.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44955
Novianita, L., & Haji, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis
Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Pada Mahasiswa Pendidikan
Matematika. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(3). https://doi.org/10.36085/mathumb.edu.v7i3.1050
Rosli, R., Capraro, M. M., & Capraro, R. M. (2014). The effects of problem posing on
student mathematical learning: A meta-analysis. International Education
Studies, 7(13), 227–241. https://doi.org/10.5539/ies.v7n13p227
Sari, M. Y., & Prihatnani, E. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dari
Penerapan Problem Solving dan Problem Posing pada Siswa SMA. Mosharafa:
Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 471–482. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.948
Sarman, S. N., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS
Viewer. Vygotsky, 4(2), 117. https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.590
Sherliani, D., Artikel, H., Bayu, A., Nandiyanto, D., Fitria, D., Husaeni, A. L.,
Nandiyanto, A. B. D., & Husaeni, D. F. A. (2022). BIBLIOMETRIC ANALYSIS OF
ENGINEERING RESEARCH USING VOSVIEWER INDEXED BY GOOGLE SCHOLAR.
In Journal of Engineering Science and Technology (Vol. 17, Issue 2).