ANALISIS BIBLIOMETRIK DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN VOSVIEWER YANG TERINDEKS GOOGLE SCHOLAR

Main Article Content

Agnes Monica Sabuna
I Wayan Suryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis bibliometrik terhadap data bibliografi
artikel-artikel penelitian tentang model pembelajaran problem-posing yang terindeks Google
Scholar dengan menggabungkan analisis dari segi sebaran peta bibliometrik dengan
Vosviewer. Selain Vosviewer, analisis ini juga menggunakan software Publish or Perish (PoP)
untuk mendapatkan jurnal-jurnal penelitian terdahulu. Problem posing merupakan metode
pembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik berpikir kritis dengan cara
memancing siswa agar menemukan masalah berlandaskan subjek yang diberikan sehingga
menantang dan memotivasi siswa untuk menyelesaikannya. Model pembelajaran problem
posing pertama kali dikembangkan oleh ahli pendidikan asal Brazil, Paulo Freire, pada tahun
1970 yang dituangkan dalam buku Pedagogy of the Oppressed. Sebagai sebuah strategi
pembelajaran, problem-posing melibatkan tiga keterampilan dasar: mendengarkan, berdialog,
dan bertindak. Data didapatkan dari google scholar yang diperoleh melalui software PoP.
Proses penyaringan data juga dilakukan berdasarkan kata kunci "problem-posing" yang
terdapat pada topik, judul, kata kunci, dan abstrak. Pencarian dilakukan pada artikel yang
terbit dalam 10 tahun terakhir yaitu rentang 2014-2023, dengan dua kali pencarian pada
rentang 2014-2018 dan 2019-2023 karena masih sedikitnya penelitian sehingga diperoleh
1965 artikel (978 artikel pada 2014-2018 dan 987 artikel pada 2019-2023). Hasil penelitian
menunjukkan penurunan selama 10 tahun terakhir, pada tahun 2014 terdapat 224 menjadi
10 artikel pada tahun 2023. penelitian yang paling banyak diteliti terkait problem posing adalah
'model’, dan sedikit yang menghasilkan kata kunci ‘critical pedagogy’. Hasil penelitian tersebut
diperoleh berdasarkan hasil analisis pemetaan menggunakan VOSviewer. Ulasan ini tentunya
diharapkan dapat menjadi bahan referensi dan pertimbangan dalam penelusuran penelitian
selanjutnya, khususnya penelitian yang berkaitan dengan problem posing

Article Details

How to Cite
Agnes Monica Sabuna, & I Wayan Suryanto. (2024). ANALISIS BIBLIOMETRIK DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN VOSVIEWER YANG TERINDEKS GOOGLE SCHOLAR. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2884
Section
Articles

References

Ahyan, S., Turmudi, T., & Juandi, D. (2021). Bibliometric analysis of research on

mathematical literacy in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series,

(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012120

Effendi, D. N., Irwandani, Anggraini, W., Jatmiko, A., Rahmayanti, H., Ichsan, I. Z.,

& Rahman, M. M. (2021). Bibliometric analysis of scientific literacy using VOS

viewer: Analysis of science education. Journal of Physics: Conference Series,

(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012096

Effendy, F., Gaffar, V., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. (2021). Analisis Bibliometrik

Perkembangan Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer.

Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan

Komunikasi, 16(1), 10–17. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.83

Ellegaard, O., & Wallin, J. A. (2015). The bibliometric analysis of scholarly production:

How great is the impact? Scientometrics, 105(3), 1809–1831.

https://doi.org/10.1007/s11192-015-1645-z

Firdayanti, S. R., Artharina, F. P., & Purnamasari, V. (2019). Keefektifan Model

Pembelajaran Problem Posing Terhadap Pemecahan Masalah Matematika.

Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 57–62.

https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20710

Khoirunissa, N. R., & Winoto, Y. (2022). Pemetaan penelitian pemasaran

perpustakaan di google scholar menggunakan vosviewer. Pustaka Karya : Jurnal

Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 10(1), 15.

https://doi.org/10.18592/pk.v10i1.5990

Mukti, A. A. B., & Soedjoko, E. (2021). Kemampuan Siswa pada Aspek Berpikir Kreatif

Ditinjau dari Gaya Belajar Melalui Pembelajaran Problem Posing Berbasis OpenEnded Problem. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional, 4, 26–36.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44955

Novianita, L., & Haji, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Pada Mahasiswa Pendidikan

Matematika. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(3). https://doi.org/10.36085/mathumb.edu.v7i3.1050

Rosli, R., Capraro, M. M., & Capraro, R. M. (2014). The effects of problem posing on

student mathematical learning: A meta-analysis. International Education

Studies, 7(13), 227–241. https://doi.org/10.5539/ies.v7n13p227

Sari, M. Y., & Prihatnani, E. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dari

Penerapan Problem Solving dan Problem Posing pada Siswa SMA. Mosharafa:

Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 471–482. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.948

Sarman, S. N., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan

Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS

Viewer. Vygotsky, 4(2), 117. https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.590

Sherliani, D., Artikel, H., Bayu, A., Nandiyanto, D., Fitria, D., Husaeni, A. L.,

Nandiyanto, A. B. D., & Husaeni, D. F. A. (2022). BIBLIOMETRIC ANALYSIS OF

ENGINEERING RESEARCH USING VOSVIEWER INDEXED BY GOOGLE SCHOLAR.

In Journal of Engineering Science and Technology (Vol. 17, Issue 2).