ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PRODUK OLAHAN BAKSO

Main Article Content

Maria Eflina Jahung
Verena Wati Nimat
Oktaviana Purnamasari
Ni Putu Chrisma Dyah Wintari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen sebagai strategi
dalam mempertahankan produk olahan bakso. Metode penelitian melibatkan survei kepada
konsumen dengan melakukan wawancara dan memberikan beberapa pertanyaan yang
mencakup aspek kepuasan terhadap kualitas produk, cita rasa, pelayanan, harga, dan atribut
lainnya. Sampel penelitian terdiri dari konsumen yang secara aktif membeli produk bakso.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen terhadap produk bakso dipengaruhi
oleh kualitas produk yang melibatkan rasa, tekstur, dan bahan baku. Faktor pelayanan,
termasuk kecepatan layanan dan keramahan staf, juga memiliki dampak signifikan terhadap
tingkat kepuasan konsumen. Selain itu, harga produk dan atribut tambahan seperti inovasi
produk juga sebagai peran penting dalam memengaruhi persepsi positif konsumen. Implikasi
temuan ini dapat digunakan oleh produsen bakso untuk meningkatkan kualitas produk,
pelayanan, dan manajemen harga guna mempertahankan dan meningkatkan loyalitas
konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang preferensi konsumen
terhadap produk olahan bakso, memberikan landasan bagi perusahaan untuk
mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Article Details

How to Cite
Maria Eflina Jahung, Verena Wati Nimat, Oktaviana Purnamasari, & Ni Putu Chrisma Dyah Wintari. (2024). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PRODUK OLAHAN BAKSO. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2885
Section
Articles

References

Cindy Septi, A. P. LAPORAN SURVEY KULINER BAKSO. LAPORAN SURVEY KULINER

BAKSO.

Hartono, B, et all. (2011). Perilaku Konsumen dalam Pembelian Bakso di

Malang. Buletin Peternakan 304206443.pdf (core.ac.uk)

Isa, Muzakar dan Robingatun Istikomah. (2019). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN

DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DI KOTA SURAKARTA.

https://journals.ums.ac.id/index.php/dayasaing/article/view/9326

Nugroho, A. (2023). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi

terhadap kepuasan konsumen pada Warung Bakso Lumayan Pak Cipto

Karanganyar (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).

http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/841

Oktari, R. N. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PELAYANAN, DAN HARGA

TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Usaha Kuliner Bakso H.

Sabar Yosowilangun).

Setiadi, Nugroho J. 2017. Perilaku Konsumen. Prenada Media: Jakarta

Soenardi, Tuti. 2013. TEORI DASAR KULINER. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Sofiana, et all. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI DAN

PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KEDAI BAKSO TENES

TANGGUL KABUPATEN JEMBER.

https://jurnaljpe.com/index.php/jpe/article/view/46