Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Melalui Pelibatan Media Alam Dalam Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini

Main Article Content

Ni Komang Theda Febrina Subagia
Ni Made Ayu Suryaningsih
Elizabeth Prima

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk memberikan pemaparan terkait pendekatan pembelajaran kontekstual melalui media alam dalam pengembangan kecerdasan naturalis anak usia dini. Metode yang digunakan ialah studi kepustakaan (library research) melalui pengumpulan data dengan cara memahami dan mengkaji teori-teori dari berbagai sumber literatur yang berkaitan dengan pembahasan terkait. Berdasarkan studi pustaka melalui berbagai literatur dan penelitian-penelitian sebelumnya yang mengkaji perihal serupa dapat dinyatakan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual melalui pelibatan media alam dapat mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini. Pembelajaran kontekstual dengan melibatkan media alam dalam pembelajaran naturalis akan melibatkan anak secara aktif dalam proses pembelajaran, anak memperoleh pengetahuan tidak hanya secara teoritis, tetapi juga melalui pengalaman langsung yang melibatkan interaksi dengan lingkungan alam sekitarnya melalui proses eksplorasi dan observasi alam beserta dengan berbagai elemennya. Melalui upaya pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini dengan pendekatan pembelajaran kontekstual melalui media alam akan menghasilkan generasi penerus yang mencintai alam dan memiliki kesadaran untuk menjaga kelestarian alam dengan semua elemen yang ada.

Article Details

How to Cite
Subagia, N. K. T. F., Suryaningsih, N. M. A., & Prima, E. (2025). Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Melalui Pelibatan Media Alam Dalam Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 7, 45–52. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/3540
Section
Articles

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Dewi, N. F. K., Rachmi, T., & Suandari, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Alam dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B KB Al Sabilillah Neglasari. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 101–122. https://doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10542

Elyana, L., & Linawati, R. (2024). Peningkatan Kecerdasan Naturalis melalui Kegiatan Hijau Kebunku pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Annida Ya Fatimah Tayu Pati. Senta Cendikia, 5(2), 42–47.

Kamil, N., Narjis, K., Zahrah, F., & Harahap, F. A. (2024). Outdoor Learning : Edu Farm Activity In Improving The Naturalistic Intelligence Of Early Children. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 28–35.

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B TK Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31.

Nur Siami, S., & Ridwan. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual (Pada Anak RA Salafiyah Kalimas Kabupaten Pemalang). Al-Athfal, 2(1), 18–35. https://doi.org/10.58410/al-athfal.v2i1.537

Nursarofah, N. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Merdeka Belajar. Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 38–51.

Rifiyanti, H., Dewi, D. U., Hidayat, S., & Kristantini, R. A. (2022). Memotivasi Pembelajaran tentang Lingkungan Alam Sekitar bagi Anak Usia Dini di Wilayah Cibungbulang, Bogor. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 76–82. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1521

Rohmah, M. A., & Aulina, C. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Berwawasan Kemaritiman Terhadap Kecerdasan Naturalistik Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 7(1), 1–17. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v7i1.2840

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (1st ed.). Prenada Media.

Sari, R. F., & Kholisussa’di. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B di TK Daruttaqwa Srigangga Kelurahan Tiwugalih Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2020-2021. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(1), 29–35. https://doi.org/10.33394/jtni.v8i1.5729

Sujiono, Nurani, Y., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Indeks 76.

Suyani, K., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery learning Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512–519. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450

Ulfah, M., & Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 31–50. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-03

Utami, F. (2020). Pengaruh metode Pembelajaran Outing Class Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551–558.

Wijaya, I. K. W. B., & Dewi, P. A. S. (2021). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Model Pendidikan Lingkungan Unesco. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 97–100. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.449