Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Melalui Pelibatan Media Alam Dalam Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk memberikan pemaparan terkait pendekatan pembelajaran kontekstual melalui media alam dalam pengembangan kecerdasan naturalis anak usia dini. Metode yang digunakan ialah studi kepustakaan (library research) melalui pengumpulan data dengan cara memahami dan mengkaji teori-teori dari berbagai sumber literatur yang berkaitan dengan pembahasan terkait. Berdasarkan studi pustaka melalui berbagai literatur dan penelitian-penelitian sebelumnya yang mengkaji perihal serupa dapat dinyatakan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual melalui pelibatan media alam dapat mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini. Pembelajaran kontekstual dengan melibatkan media alam dalam pembelajaran naturalis akan melibatkan anak secara aktif dalam proses pembelajaran, anak memperoleh pengetahuan tidak hanya secara teoritis, tetapi juga melalui pengalaman langsung yang melibatkan interaksi dengan lingkungan alam sekitarnya melalui proses eksplorasi dan observasi alam beserta dengan berbagai elemennya. Melalui upaya pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini dengan pendekatan pembelajaran kontekstual melalui media alam akan menghasilkan generasi penerus yang mencintai alam dan memiliki kesadaran untuk menjaga kelestarian alam dengan semua elemen yang ada.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Dewi, N. F. K., Rachmi, T., & Suandari, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Alam dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B KB Al Sabilillah Neglasari. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 101–122. https://doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10542
Elyana, L., & Linawati, R. (2024). Peningkatan Kecerdasan Naturalis melalui Kegiatan Hijau Kebunku pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Annida Ya Fatimah Tayu Pati. Senta Cendikia, 5(2), 42–47.
Kamil, N., Narjis, K., Zahrah, F., & Harahap, F. A. (2024). Outdoor Learning : Edu Farm Activity In Improving The Naturalistic Intelligence Of Early Children. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 28–35.
Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B TK Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31.
Nur Siami, S., & Ridwan. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual (Pada Anak RA Salafiyah Kalimas Kabupaten Pemalang). Al-Athfal, 2(1), 18–35. https://doi.org/10.58410/al-athfal.v2i1.537
Nursarofah, N. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Merdeka Belajar. Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 38–51.
Rifiyanti, H., Dewi, D. U., Hidayat, S., & Kristantini, R. A. (2022). Memotivasi Pembelajaran tentang Lingkungan Alam Sekitar bagi Anak Usia Dini di Wilayah Cibungbulang, Bogor. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 76–82. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1521
Rohmah, M. A., & Aulina, C. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Berwawasan Kemaritiman Terhadap Kecerdasan Naturalistik Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 7(1), 1–17. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v7i1.2840
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (1st ed.). Prenada Media.
Sari, R. F., & Kholisussa’di. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B di TK Daruttaqwa Srigangga Kelurahan Tiwugalih Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2020-2021. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(1), 29–35. https://doi.org/10.33394/jtni.v8i1.5729
Sujiono, Nurani, Y., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Indeks 76.
Suyani, K., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery learning Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512–519. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450
Ulfah, M., & Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 31–50. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-03
Utami, F. (2020). Pengaruh metode Pembelajaran Outing Class Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551–558.
Wijaya, I. K. W. B., & Dewi, P. A. S. (2021). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Model Pendidikan Lingkungan Unesco. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 97–100. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.449