Analisis Pengendalian Internal Piutang Pada Departemen Akuntansi Hotel Intercontinental Bali Sanur Resort
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Saat ini industri perhotelan merupakan salah satu sektor yang paling berkembang. Setiap industry perhotelan ingin mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki perusahaan untuk memperoleh laba maksimal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi efektivitas sistem pengendalian internal yang diterapkan dalam mengelola piutang, termasuk penagihan dan evaluasi risiko. Metode yang digunakan meliputi wawancara dengan staff Account Receivable dan Cost Control dan analisis dokumen terkait. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis pendekatan kualitatif dengan data berupa data primer. Dapat ditunjukkan bahwa meskipun sistem pengendalian internal yang ada telah berjalan dengan baik, terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti pemisahan tugas antara divisi penagihan dan akuntansi, meningkatkan pengawasan dalam pengelolaan piutang serta peningkatan komunikasi dalam proses penagihan. Selain itu, penerapan prinsip-prinsip pengendalian internal berdasarkan kerangka COSO juga diidentifikasi sebagai faktor penting dalam meminimalkan risiko piutang tak tertagih. Rekomendasi diberikan untuk memperkuat prosedur penagihan dan meningkatkan pelatihan bagian internal guna menjaga kestabilan keuangan dan efisiensi operasional hotel.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andi, A. (2021). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Pengendalian Intern dan Sasaran Anggaran Terhadap Kualitas Laporan Keuangan PT.Mappadeceng Jaya Lestari Kota Parepare[Nobel Indonesia Institute]. http://repository.nobel.ac.id/id/eprint/920/
Ni Luh Kadek Ayu Nita Dwi Wirati, & Putu Aristya Adi Wasita. (2024). ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PIUTANG USAHA UNTUK MEMINIMALKAN PIUTANG TAK TERTAGIH PADA HARRIS HOTEL SEMINYAK. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Diambil dari https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2793
Ni Putu Rianita Phartama, & Ni Putu Erviani Astari. (2024). ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PIUTANG PADA DEPARTEMEN AKUNTANSI HOTEL THE HAVEN BALI SEMINYAK. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2783
Pradnya Dewi, N. L. P., & Pradnyani, N. L. P. S. P. (2023). Analisis Pengendalian Internal Piutang Usaha Untuk Meminimalkan Piutang Tak Tertagih Pada Pandawa All Suites Hotel Umalas. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 5. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2213
Pryhanni, R., & Agha, R. Z. (2023). Analisis Sistem Pengendalian Internal Piutang Dalam Meminimalisir Piutang Tak Tertagih Pada Pt Kaya Raya Turun Temurun. Prosiding Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen, 3.
Pradnya Dewi, N., & Purnama Pradnyani, N. (2022). Analisis Pengendalian Internal Piutang Usaha Untuk Meminimalkan Piutang Tak Tertagih pada Pandawa All Suites Hotel. Sintesa, 5(2022), 117–124.
Purnamasari, D. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kepatuhan Perpajakan pada Perusahaan Sektor Industri Manufaktur di Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 22(3), 321-335.
Seftiani, R., & Retnowati, Y. F. (2021). Analisis Pengendalian Internal Piutang Usaha Dalam Meminimalisir Piutang Tak Tertagih Pada Stasiun Tv Xyz. Jurnal Revenue Jurnal Akuntansi, 2(1). Https://Doi.Org/10.46306/Rev.V2i1
Toha, A., & Miyanto, B. (2024). Pengertian Hotel. Dalam Jurnal Nusantara: Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Perhotelan.