Peran Teknologi dan Media Sosial terhadap Literasi Keuangan Gen Z
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Kurangnya literasi keuangan di kalangan masyarakat Indonesia, termasuk Gen-Z, telah menjadi masalah yang signifikan dalam pengambilan keputusan keuangan. Hal ini dapat menimbulkan konsekuensi negatif seperti kesulitan dalam merencanakan masa depan keuangan, pengambilan keputusan keuangan yang buruk, dan meningkatnya risiko penipuan keuangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan Gen-Z agar mereka dapat membuat keputusan keuangan yang bijak dan meningkatkan kesejahteraan finansial mereka. Tujuan utama dari artikel ini adalah untuk menekankan peran penting teknologi dan media sosial dalam meningkatkan literasi keuangan bagi Gen-Z. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini adalah metode tinjauan literatur, yang mencakup berbagai teknik pengumpulan data literatur, membaca dan mencatat, serta mengelola bahan penelitian. Hasil dari artikel ini adalah mengetahui bahwa teknologi dan media sosial berperan penting dalam meningkatkan literasi keuangan bagi Gen-Z.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Apriliani,R. (2024) Literasi Keuagan Berbasis Teknologi Digital. Penerbit: CV. Literasi Nusantara Abadi https://repository-penerbitlitnus.co.id/id/eprint/212/1/LITERASI%20KEUANGAN%20BERBASIS%20TEKNOLOGI%20DIGITAL.pdf
Asnal.M, Aenurofik (2023) Pengaruh Digitalisasi Ekonomi terhadap Gaya Hidup Generasi Z (Studi Kasus pada Mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Jurnal Sahmiyya. Vol 2, No 1
Dewi Wulandari, R. Taufiq Nur Muftiyanto, & Agus Suyatno. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Gaya Hidup, dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Kota Surakarta. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 230–239. https://doi.org/10.61132/rimba.v2i3.1155
Nofranita, W., Nurul Ulya, & Fitri Yulianis. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Teknologi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan UMKM. Jurnal Akademi Akuntansi Indonesia Padang, 4(1), 80–95. https://doi.org/10.31933/xmwq6905
Rahman, N. F., & Hariyanto, D. (2024). STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATION PT . KERETA API INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PENGGUNA KAIPAY Nur Fatkhur Rahman Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , Indonesia Didik Hariyanto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , Indonesia Abstrak dari sistem kebersihan t. 18(4), 2533–2547.
Rajagukguk, R. J., & Susanti, E. (2024). Peranan Sosial Media dalam Mengedukasi Generasi Muda Mengenai Literasi Keuangan untuk Membangun Kebiasaan Menabung. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 10(2), 415. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i2.1717
Wati, L., & Panggiarti, E. K. (2021). Analisis Penggunaan Financial Technology, Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan Mahasiswa Pelaku Usaha Online. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 9(2), 121. https://doi.org/10.25157/je.v9i2.5834