Implementasi Metode Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Kemampuan menyimak merupakan dasar pembelajaran bahasa bagi anak usia dini. Melalui menyimak maka seorang anak dapat menyerap informasi, makna dan tujuan sehingga memudahkan anak dalam proses komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini melalui implementasi metode pembelajaran picture and picture. Penelitian dilaksanakan pada anak Kelompok B di TK Laksana Kumara Tahun Ajaran 2024/2025. Desain penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Laksana Kumara yang berjumlah 60 orang anak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah Kelompok B1 berjumlah 30 anak sebagai kelompok eksperimen dan Kelompok B2 berjumlah 30 anak sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan One Way Anova. Berdasarkan hasil yang didapat karena nilai Sig. < 0.05, maka perlakuan yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda terhadap peningkatan kemampuan menyimak anak Kelompok B TK Laksana Kumara. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menyimak anak yang belajar melalui implementasi metode picture and picture dibandingkan anak yang belajar secara konvensional.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Boymau, H. G. C., & Hasyda, S. (2021). Monograf Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (Uslan (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Darmawan, I. P. A., & Kristanti, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Pembelajaran Di Sekolah Minggu. Jurnal Pendidikan Agama Kristen: Regula Fidei, 5(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.46307/rfidei.v5i1.38
Ilham, M., & Wijayanti, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Akademic & Research Institute.
Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2018). Strategi Pembelajaran Bahasa. Remaja Rosdakarya.
Kasnan, S. (2020). Penerapan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Bagi Anak Usia Dini 3-4 Tahun di TK Lestari Kidspedia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 4.
Kurniawan, H., & Kasmiati. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (H. Ubadah (ed.); 1st ed.). CV. Rizquna.
Kusrniasih, I., Sani, B., & Jay, A. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesional Guru. Kata Pena.
Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Bahasa Pada Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3, 244–245.
Permendikbud. (2022). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Permendikbudristek RI.
Subagia, N. K. T. F., Poerwati, C. E., Cahaya, I. M. E., Lestari, P. I., Suryaningsih, N. M. A., & Prima, E. (2023). PKM Pembuatan Media Pembelajaran Literasi dan Numerasi Di TK Kumara Dharma Kerti II, Abiansemal. 213–218.
Wahyuningsih, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Picture and Picture dalam Pembelajaran Animalia (M. Hidayat & Miskadi (eds.)). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.