ANALISIS PERAN INCOME AUDIT PADA KETEPATAN PENYAJIAN REVENUE DI THE 1O1 BALI OASIS SANUR

Main Article Content

Anak Agung Ayu Puspa Gayatri
Ni Made Ria Kurniasih Astuty

Abstract

Pendapatan (Revenue) sangat berperan penting bagi setiap perusahaan karena pendapatan yang diperoleh sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan. Pendapatan yang didapatkan oleh hotel berasal dari penjualan kamar, makanan dan minuman, serta pelayanan jasa lainnya. Pengelolaan pendapatan harus dilakukan dengan baik sehingga revenue yang diperoleh sesuai atau balanced dengan bukti dokumen yang telah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Income Audit terhadap ketepatan penyajian revenue The 1O1 Bali Oasis Sanur. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Income Audit The 1O1 Bali Oasis Sanur sangat berperan penting bagi department Finance. Berdasarkan hasil penelitian Income Audit sudah melaksanakan pengawasan yang baik. Income Audit menyajikan pendapatan yang akurat melalui pemilahan dokumen yang diperoleh dari department Front Office dan Food & Beverage kemudian di analisa dan di input melalui proses audit dengan sistem, lalu di rekap sebagai laporan revenue harian yang disebut Daily Revenue Report (DRR). Income Auditor bertugas untuk memastikan ketepatan dan pengurangan revenue yang diperoleh, sehingga perusahaan dapat memperoleh revenue yang balanced yang sesuai dengan bukti pendukung. Selama The 1O1 Bali Oasis Sanur berdiri, peran Income Audit disini sudah sangat baik dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh management.

Article Details

How to Cite
Gayatri, A. A. A. P., & Astuty, N. M. R. K. (2025). ANALISIS PERAN INCOME AUDIT PADA KETEPATAN PENYAJIAN REVENUE DI THE 1O1 BALI OASIS SANUR. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 7, 225–232. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/3562
Section
Articles

References

Dwi Insani, Yuda, dan Ramdani Setiyariski. 2020. “Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department Melalui Tugas dan Tanggung Jawab Concierge Pada Hotel Savoy Homann.” Jurnal Kajian Pariwisata, 2(1):13–28. doi: 10.51977/jiip.v2i1.297.