Peran Pelatihan dan Pengembangan Bagi Kinerja Pelayan Restoran Dalam Persaingan Industri F & B

Main Article Content

Desak Komang Febrianita
Budi Santoso

Abstract

Kualitas pelayanan terhadap konsumen berarti menuntut sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang tersebut, namun persaingan akan terpenuhnya kebutuhan tenaga kerja yang sesuai harapan pun semakin ketat dan banyak tantangan yang harus dilewati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pelatihan dan pengembangan bagi kinerja pelayan restoran dalam persaingan industry F&B. dengan menggunakan metode studi literatur yakni pengkajian dan analisis kembali terhadap penelitian-penelitian yang berkaitan dengan pelatihan dan pengembangan bagi kinerja pelayan berupa artikel jurnal penelitian ilmiah yang akan menjadi bahan sekaligus sumber data. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan dan pengembangan memiliki peran dan pengaruh yang positif yang penting bagi kinerja pelayan dalam persaingan industry F&B. Pelatihan yang tepat sasaran akan menghasilkan Pelayan yang tahu bagaimana cara melayani tamu, sehingga restoran tersebut mampu bersaing di industry F&B sedangkan pengembangan membuat karyawan meningkatkan kompetensi untuk karirnya dalam rangka menyiapkan pelayan untuk posisi jabatan yang lebih tinggi. Sehingga diharapkan perusahaan dapat mempertimbangkan program pelatihan dan pengembangan bagi pelayan agar dapat mencapai tujuan Perusahaan.

Article Details

How to Cite
Febrianita, D. K., & Santoso, B. (2025). Peran Pelatihan dan Pengembangan Bagi Kinerja Pelayan Restoran Dalam Persaingan Industri F & B. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 7, 233–238. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/3563
Section
Articles

References

Achmad F, Aprilia. R.U., Lattifah, R., Nia, N., Ricka, B., Sarifah, R. A., (2022). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan SDM Dalam Usaha Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Perusahaan. Jurnal Ilmu Multidisiplin. https://www.researchgate.net/profile/Dr-Fauzi/publication/368642597_Pengaruh_Pendidikan_Pelatihan_dan_Pengembangan_SDM_dalam_Usaha_Meningkatkan_Kinerja_Karyawan_Pada_Perusahaan/links/63f1f3f919130a1a4a90b952/Pengaruh-Pendidikan-Pelatihan-dan-Pengembangan-SDM-dalam-Usaha-Meningkatkan-Kinerja-Karyawan-Pada-Perusahaan.pdf?origin=scientificContributions

Aguinis, H., & Kraiger, K. (2009). Benefits of training and development for individuals and teams, organizations, and society. Annual Review of Psychology, 60(1), 451–474. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.60.110707.163505

Aulia, A. (2022). Peran Food & Beverage Service Dalam Memberikan Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di MCDonald’s Jatipadang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/download/1131/751

Bakotić, D. (2016). Relationship between job satisfaction and organisational performance. Economic Research-Ekonomska Istrazivanja, 29(1), 118–130. https://doi.org/10.1080/1331677X.2016.1163946

Barnett, B. R., & Bradley, L. (2007). The impact of organisational support for career development on career satisfaction. Career Development International,12(7), 617–636. https://doi.org/10.1108/13620430710834396

Baruch, Y. (2015). Career development: Multilevel perspective. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (pp. 128–134). https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.22003-5

Brown, K. G., & Sitzmann, T. (2010). Training and employee development for improved performance. In APA handbook of industrial and organizational psychology, Vol 2: Selecting and developing members for the organization. (pp.469–503). https://doi.org/10.1037/12170-016

Davis, P. J. (2015). Implementing an employee careerdevelopment strategy: How to build commitment and retain employees. Human Resource Management International Digest, 23(4), 28–32. https://doi.org/10.1108/HRMID-05-2015-0066

Krajewski, L. J., Ritzman, L. P., & Malhotra, M. K. (2015). Operations management: Processes and supply chains. Operations Management (11th ed.). Pearson Education. https://doi.org/10.15358/9783800644858

Lee, P. C. B. (2002). Career goals and career management strategy among information technology professionals. Career Development International, 7(1), 6–13. https://doi.org/10.1108/13620430210414829

Liu, S., Jiao, W., Min, Q., & Yin, J. (2017). The influences of production factors with profit on agricultural heritage systems: A case study of the rice-fish system. Sustainability (Switzerland), 9(10). https://doi.org/10.3390/su9101842

Lubis, K. A. (2008). Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan. Universitas Sumatera Utara. https://doi.org/10.1016/j.fuel.2011.01.009

Muhammad, I., H. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Persaingan Industri Melalui Program Pelatihan. Jurnal Ecobisma. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecobisma/article/view/78/75

Okoye, P. V. C., & Ezejiofor, R. A. (2013). The effect of human resources development on organizational productivity. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3(10). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v3-i10/295

Shaheen, A., Naqvi, S. M. H., & Khan, M. A. (2013). Employees training and organizational performance: Mediation by employees performance. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 5(4), 490–503.

Shierli Wijaya (2023). Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan Dalam Menciptakan Kinerja Karyawan Di Era Digital. Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Flores. https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/analisis/article/download/2523/1665/8711

Triharyanto, H. (2014). Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap pengembangan karir awak kapal pengawas perikanan pada Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/1149/1/40791.pdf

Tsalis, B. N. A., & Heni, H., (2021). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Karyawan PT. POS Indonesia Cabang Kota Magelang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara. https://www.researchgate.net/publication/355550713_PENGARUH_PELATIHAN_DAN_PENGEMBANGAN_SDM_TERHADAP_KINERJA_KARYAWAN_PT_POS_INDONESIA_CABANG_KOTA_MAGELANg

Vania Yuswanto Teja, Adrie Oktavio., (2019). Pelatihan dan Pengembangan Karir Serta Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Karyawan The St. Regis Bali Resort. Jurnal Manajemen Perhotelan. https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/22588

Wafa, A., F., A. (2019). Strategi Pengembangan SDM Dalam Persaingan Bisnis Industri Kreatif di Era Digital. Jurnal Hukum dan Kemanusiaan. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/adliya/article/view/4461/pdf

Zafirovski, M. (2002). The social construction of production: An application of economic sociology. Management. https://doi.org/10.3917/mana.052.014z