Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Paket Wisata Eksklusif di Era Pasca Pandemic (Studi Kasus: PT. Komodo Escape Prawara)

Main Article Content

Susana Santi Jaimun
G. N. Joko Adinegara

Abstract

Pandemi covid 19 menyebabkan terjadinya perubahan besar pada semua sektor, termasuk pariwisata. Kegiatan pariwisata yang berkaitan dengan kunjungan langsung wisatawan ke objek wisata menjadi turun secara signifikan akibat adanya kebijakan pemerintah mengenai pembatasan sosial bersekala besar (Safira,2023). Penerapan strategi marketing berbasi digital adalah salah satu strategi yang efektif dan efisien dalam memasarkan paket wisata pada situasi ini karena mampu menjangkau target pasar secara lebih luas terutam diera digitalisasi yang semakin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi digital marketing yang diterapkan oleh PT. Komodo Escape Prawara dalam meningkatkan penjualan paket wisata eksklusif pasca pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif dengan metode studi kasus. . Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Manajemen dan tim pemasaran PT. Komodo Escape Prawara untuk memahami strategi yang diterapkan dan tantangan yang dihadapi. Teknik analisis data menggunakan deskiptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, PT. Komodo Escape Prawara menerapakan digital marketing dengan menggunakan beberapa plat form media sosial seperti Instagram, tik-tok, Facebook, youtube, whatsapp business serta website resmi. Pengelola memiliki tim masing-masing dalam mengelola akun sosial media dan website. Pengelola selalu memperbahrui tampilan diwebsite sesuai krakteristik pengguna yaitu ramah pengguna, kemudian penguploadan secara berskala disemua media sosial baik berupa foto ataupun video dengan pemilihan konsep foto dan video yang kekinian. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ancaman-ancaman dari pesaing yang memiliki layanan yang sama di Labuan Bajo.

Article Details

How to Cite
Jaimun, S. S., & Adinegara, G. N. J. (2025). Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Paket Wisata Eksklusif di Era Pasca Pandemic (Studi Kasus: PT. Komodo Escape Prawara). Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 7, 261–268. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/3567
Section
Articles

References

Aditya. (2020). Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bere, A. (2020). Penurunan jumlah wisatawan akibat pandemi COVID-19. Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat.

Charriri, A. (2009). Pendekatan penelitian kualitatif. Dalam Bambang, D. (2020), Metodologi penelitian sosial.

Fedrik. (2022). Kontribusi pariwisata terhadap ekonomi Indonesia.

Margaretha, R. (2024). Strategi Capacity Building dalam Pengelolaan Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia. JEBMA: Jurnal Ekonomi Bisni, Manajemen dan Akuntansi, 04(1)

Pahrudin, & Liu. (2023). Dampak pandemi COVID-19 pada sektor pariwisata di Indonesia.

Safira, T. (2023). Strategi pemasaran digital di era digitalisasi.

Silfia, S., et al. (2021). Dampak pandemi pada sektor pariwisata: Analisis kebijakan pembatasan sosial.