FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA KARYAWAN SEKTOR PERBANKAN DI BALI

Main Article Content

Branklyn Sahusilawane
I Wayan Ruspendi Junaedi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan sektor perbankan di Bali, menganalisis peran manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam meningkatkan kepuasan kerja dan  menganalisis dampak kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan khususnya di sektor perbankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu literature review, dimana tujuan dari metode ini yaitu untuk memahami perubahan yang terjadi pada isu tertentu dalam hal ini terkait kepuasan kerja di sektor perbankan di Bali. Hasil dari literature review dari beberapa jurnal menunjukkan faktor-faktor dalam kepuasan kerja di sektor perbankan Bali yaitu motivasi, stress kerja, kompensasi, dan gaya kepemimpinan. Praktik manajemen SDM menjadi sangat penting, dimana penerapan manajemen SDM yang mendukung kepuasan adalah melalui kompensasi dan pemberian reward kepada karyawan. Penting bagi perusahaan untuk memperhatikan kepuasan kerja karyawan, karena kepuasan sangat menentukan kinerja karyawan. Hal ini ditunjukan dengan hasil review beberapa penelitian yang menyatakan karyawan yang tidak puas dengan pekerjaannya akan menghambat penyelesaian tugas-tugasnya. Oleh karena itu, pemahaman terhadap faktor-faktor kepuasan kerja karyawan menjadi sangat penting yang diharapkan mampu berdampak positif pada kinerja organisasi secara keseluruhan.

Article Details

How to Cite
Sahusilawane, B., & Junaedi, I. W. R. (2025). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA KARYAWAN SEKTOR PERBANKAN DI BALI. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 7, 347–352. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/3587
Section
Articles

References

Akhtar, N., Aziz, S., Hussain, Z., Ali, S., & Salman, M. (2014). Factors Affecting Employees Motivation in Banking Sector of Pakistan. Journal of Asian Business Strategy, 4(10), 125–133. http://aessweb.com/journal-detail.php?id=5006

Arie Mahawira Yudistira, P., & Surya Putra, M. (2021). Job Satisfaction Meditates Effect of Transformational Leadership on Organizational Commitments (Study Case at Government-Owned Bank in Bali, Indonesia). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5(4), 54–59. www.ajhssr.com

Assefa, M., & Kassa, E. C. (2021). Effect of Human Resource Management Practices on Employees’ Job Satisfaction in Banking Sector. In Abyss. J. Bus. Soc. Sci (Vol. 6, Issue 1).

Astrama, I. M. (2016). Pengaruh Kompensasi terhadap Kerja Karyawan yang Dimediasi oleh Kepuasan Kerja (Studi Kasus pada PT BPR Mitra Bali Artha Mandiri di Karangasem, Bali). Forum Manajemen, 12(2).

Binda Karmita, S., Wayan, I., Supartha, G., & Priantini, P. S. (2015). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PENEMPATAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA ANALIS KREDIT PT. BPD BALI CABANG UTAMA DENPASAR). Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4, 947–974.

Cherif, F. (2020). The role of human resource management practices and employee job satisfaction in predicting organizational commitment in Saudi Arabian banking sector. International Journal of Sociology and Social Policy, 40(7–8), 529–541. https://doi.org/10.1108/IJSSP-10-2019-0216

Gede, I., Suartawan, Y., & Surya, I. B. (2020). THE MEDIATING OF JOB SATISFACTION ON THE EFFECT OF JOB STRESS ON EMPLOYEE PERFORMANCE. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(8), 52–60. www.ajhssr.com

Hasibuan, M. (2014). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi Aksara.

Laras Indrawati, A., Sujana, I., & Agung, A. (2020). THE EFFECT OF COMPENSATION AND MOTIVATION TOWARD WORK SATISFACTION IN IMPROVING EMPLOYEE PERFORMANCE IN PT. PANIN BANK UTAMA BRANCH OFFICE (KCU) KUTA BALI. IJSEGCE, 3(2). https://doi.org/10.1234/ijsegce.v3i2.155

Lubis, G., & Abadi, F. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Etis terhadap Komitmen Organisasional, Kinerja Karyawan, dan Keterlibatan Karyawan pada Industri Perbankan. Ekonomi Dan Manajemen, 2, 56–75.

Made, I., Wijaya, A., & Riana, G. (2024). The Relation between Job Stress, Job Satisfaction and Organizational Commitment (Study on Employees of Bank Pembangunan Daerah Bali Mangupura Branch). Journal of Economics, Finance and Management Studies, 7(4), 2049–2055. https://doi.org/10.47191/jefms/v7-i4-29

Ningkiswari, I. A., & Wulandari, R. D. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Karyawan Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya. JAKI, 5(2).

Siman, I. K., Landra, N., Sujana, W., Agung, A., & Agung, P. (2018). THE EFFECT OF SITUATIONAL LEADERSHIP STYLE AND COMPENSATION TO IMPROVE EMPLOYEES PERFORMANCE AT BANK SECTOR IN BALI-INDONESIA. In International Journal of Management and Commerce Innovations (Vol. 6). www.researchpublish.com

Sofiah Sinaga, N., Aprilinda, D., & Putra Budiman, A. (2021). Konsep Kepemimpinan Transformasional. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7), 840–846. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i7.123