Analisis Proses Pembelian Barang Oleh Purchasing Pada Accounting Departement Hotel Canggu Dream Village

Main Article Content

Jesika Pelysia Juliana Ndehung
Rai Gina Artaningrum

Abstract

Laporan ini berfokus pada analisis proses pembelian barang oleh departemen purchasing di Hotel Canggu Dream Village. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan bahwa proses pembelian berjalan efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan operasional hotel. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teknik analisis kulitatif yang bersifat deksriptif, dimana data laporan dikumpulkan melalui observasi langsung untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai efektivitas dan efisiensi proses pembelian yang diterapkan, dengan langkah- langkah yang dilakukan yaitu, yang pertama mengidentifikasi proses pembelian barang oleh departemen purchase Hotel Canggu Dream Village, kedua melakukan perbandingan dengan unsur -unsur sistem pengendalian internal, dan terakhir manarik kesimpulan dan saran dari hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Canggu Dream Village menghasilkan rekomendasi yang mampu meningkatkan kualitas proses pembelian, meminimalkan resiko kelebihan atau kekurangan stok, serta memperkuat sistem pengendalian internal di department purchasing.

Article Details

How to Cite
Ndehung, J. P. J., & Artaningrum, R. G. (2025). Analisis Proses Pembelian Barang Oleh Purchasing Pada Accounting Departement Hotel Canggu Dream Village. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 7, 465–470. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/3608
Section
Articles

References

Putri, Gea Fitriannisa; Gulfira, Poeti Nazura; and Priyandhini, Besty (2023) "Peranan Purchasing Dalam Pengadaan Barang Di Hotel The Ritzcarlton Jakarta Mega Kuningan," Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies: Vol. 3: Iss. 2, Article 3. Available at: https://scholarhub.ui.ac.id/jitps/vol3/iss2/3

Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta:Fakultas Ekonomi UI.

Bagus, Deny. 2009. Pengantar Perhotelan, Definisi Hotel.Internet. (diakses pada tanggal 13 Juli 2014)

Mahyudin dan Suradi. 2018. "Pentingnya Komunikasi Receiving Dengan Purchasing Saat Penerimaan Barang Guna Meminimalisir Terjadinya Kesalahan Di Hotel Grand Aston Yogyakarta". Jurnal Khasanah Ilmu. Vol. 9, No. 1:72-83. Yogyakarta.

Utojo, H. I. 2019. Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa. Deepublish.Yogyakarta.