Analisis Proses Akuntansi pada Pengelolaan Account Payable pada Harris Hotel Seminyak
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Industri perhotelan merupakan salah satu industri yang mendukung sektor pariwisata terkhususnya pada daerah Bali. Perkembangan industri masa kini yang semakin pesat menyebabkan semakin banyak industri perhotelan yang bermunculan. Penelitian ini berfokus pada prosedur pencatatan dan pembayaran utang kepada pemasok. Proses dimulai dengan permintaan pembelian, melibatkan Purchase Orders, Receiving Reports, dan Invoices. Penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan yang efektif sangat penting untuk stabilitas keuangan Hotel. Meskipun sistem informasi terintegrasi telah diterapkan, tantangan seperti keterlambatan pengiriman dokumen dan kesalahan entri data masih ada. Rekomendasi termasuk peningkatan teknologi informasi dan pelatihan staf untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pencatatan utang Hotel. Pentingnya prosedur yang terstruktur dalam account payable membantu menjaga hubungan baik dengan pemasok dan memastikan arus kas hotel tetap lancar, serta meminimalkan risiko kesalahan dalam transaksi keuangan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01),
Aziz, M. A. (2022). Analisis Proses Pembayaran Utang Kepada Supplier Berbasis Prosedur Accpunt Payable Pada Hilton Bali Resort. Politeknik Negeri Bali.
Nurfajrianti & Widharto (2016) dan Kinanthi et al. (2016) pengelolaan persediaan
Hermawan, H., Brahmanto, E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. In PT. Nasya Expanding Manajemen (Vol. 13, Issue 1).