Implementasi E-Trust Guna Meningkatkan Transparansi Pembayaran di Kantor Wilayah VII Pegadaian
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem informasi akuntansi khususnya prosedur implementasi E-Trust pada platform guna meningkatkan transparansi pembayaran di Kantor Wilayah VII Pegadaian. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil objek sistem informasi akuntansi atas prosedur pembayaran pengadaan barang kepada PadiUMKM melalui sistem E-Trust. Teknik pengumpulan data, yaitu dengan melakukan obervasi dan wawancara pada objek penelitian di Department Logistik dan Umum. Penerapan prosedur pembayaran melalui sistem E-Trust dan aturan yang harus dipatuhi setiap pihak, yaitu pihak vendor pada platform Padi UMKM. Adapun prosedur pembayaran pengadaan barang kepada Padi UMKM, yaitu dari proses checkout barang, menunggu approval pada riwayat pesan, setelah itu akan muncul Purchase Order yang akan di scan dan di masukan kedalam sistem E-trust, lanjut masuk ke dalam sistem e-trust untuk mengimput bukti pembelian barang dengan cara memasukan scan Purchase Order yang sudah di scan sebelumnya, melalui sistem e-trust akan terlampir lembar pengajuan yang harus diisi seperti detail pengajuan, petugas pengajuan, detail SOPP, kelengkapan detail perbankan, kelengkapan pajak dan kelengkapan dokumen. Hal tersebut dilakukan agar proses pembayaran pengadaan barang dapat dilaksanakan dengan efektif dan transparan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi e- trust guna meningkatkan transparansi pembayaran di Kantor Wilayah VII Pegadaian telah berjalan dengan baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Fauzi, E., Sinatrya, M. V., Ramdhani, N. D., Ramadhan, R., & Safari, Z. M. R. (2022). Pengaruh kemajuan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi. Jurnal riset pendidikan ekonomi, 7(2), 189-197.